Manfaat Makan Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering, Ini Kata Ahli

ADVERTISEMENT

Manfaat Makan Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering, Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 30 Jan 2021 06:00 WIB
Manfaat Makan Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering, Ini Kata Ahli
Foto: Getty Images/iStockphoto/gerenme
Jakarta -

Banyak perdebatan tentang pola makan. Makan 2-3 kali sehari dalam porsi banyak atau makan porsi sedikit tapi lebih sering, mana yang lebih baik?

Pola makan merupakan cara makan rutin yang dilakukan seseorang. Pola makan meliputi jumlah porsi, waktu makan, serta bahan makanan apa saja yang dikonsumsi.

Banyak orang percaya bahwa makan porsi sedikit tapi sering lebih bagus untuk kesehatan dan mampu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena metabolisme pada tubuh terus bekerja walaupun hanya sedikit makanan yang masuk.

Pro kontra ini juga terjadi di kalangan ahli gizi dan pakar kesehatan. Tetapi sebuah telah dilakukan penelitian untuk membuktikan kebenarannya.

Dilansir melalui Cooking Light (3/11), begini penjelasan yang didapat mengenai manfaat makan porsi sedikit tapi lebih sering:

Baca Juga: Sendok Besar dan Piring Kecil Membuat Porsi Makan Lebih Sedikit

Manfaat Makan Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering, Ini Kata AhliManfaat Makan Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering, Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/gerenme

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Pernyataan bahwa dengan makan lebih sering akan mampu meningkatkan metabolisme tubuh ternyata benar. Kondisi ini disebut sebagai efek thermic yang ditimbulkan oleh makanan.

Prinsip efek thermic makanan adalah makan makanan yang lebih sedikit namun frekuensinya lebih sering dapat meningkatkan metabolisme. Secara teori, jika asumsi kalori makan dalam sehari sebanyak 1800 kalori dibagi dalam 6 kali waktu makan maka kemungkinan kalori yang dibakar akan meningkat.

Menurut penelitian juga dikatakan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan dalam pembakaran energi selama 24 jam antara 1-3 kali waktu makan dengan 5-7 kali waktu makan dalam sehari. Perbedaan yang terjadi lebih kepada pembakaran kalori, apakah 300 kalori sebanyak 6 kali atau 600 kalori sebanyak 3 kali.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT