Cara Melakukan Diet CICO untuk Turunkan Berat Badan dan Bisa Makan Enak

Riska Fitria - detikFood Jumat, 29 Jan 2021 06:00 WIB
Cara Melakukan Diet CICO untuk Turunkan Berat Badan dan Bisa Makan Enak Foto: iStock
Jakarta -

Dengan melakukan diet CICO, dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan dan tetap bisa makan makanan favorit. Namun, apakah aman dan efektif? Ini penjelasannya.

Diet atau menjalankan pola makan tertentu menjadi solusi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Biasanya saat melakukan diet ada aturan tersendiri tentang jenis makanan yang boleh dikonsumsi dan yang tidak boleh.

Namun berbeda dengan diet CICO. Jenis diet ini justru memperbolehkan untuk mengonsumsi jenis makanan apapun, karena metodenya hanya berfokus pada asupan kalori yang masuk dan keluar dalam tubuh.

Memang kalori merupakan hal yang penting dalam proses penurunan berat badan. Meski begitu, jenis diet ini juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah tidak mengajarkan cara memilih makanan yang sehat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta cara melakukan diet CICO:

1. Apa Itu Diet CICO?

Cara Melakukan Diet CICO untuk Turunkan Berat Badan dan Bisa Makan EnakCara Melakukan Diet CICO untuk Turunkan Berat Badan dan Bisa Makan Enak Foto: iStock

CICO merupakan singkatan dari Calories in, Calories out. Sesuai dengan namanya, diet CICO adalah pola makan yang berfokus pada asupan kalori yang masuk dan dikeluarkan tubuh.

Jadi, kamu bisa mengonsumsi makanan apapun yang diinginkan, asalkan jumlah kalori yang masuk tidak lebih banyak dari jumlah kalori dikeluarkan sehari-hari. Karena pada dasarnya berat badan berkaitan dengan jumlah kalori dalam tubuh.

Para ahli yang mendukung diet ini mengatakan bahwa tidak ada pedoman tentang apa yang harus dimakan. Berbeda dengan diet lain yang terdapat aturan tentang jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan.

2. Cara Melakukan Diet CICO untuk Turunkan Berat Badan

Cara Melakukan Diet CICO untuk Turunkan Berat Badan dan Bisa Makan EnakCara Melakukan Diet CICO untuk Turunkan Berat Badan dan Bisa Makan Enak Foto: iStock

Melakukan diet CICO harus diimbangkan dengan olahraga. Jadi, kamu bisa memilih jenis olahraga apa saja yang bisa mengeluarkan kalori dalam tubuh. Misalnya kamu makan nasi goreng yang mengandung 500 kalori.

Lalu kamu melakukan aktivitas yang bisa membakar 500 kalori tersebut. Misalnya bersepeda, jogging, bermain basket atau lainnya. Namun, diet CICO bisa jadi menyulitkan karena keakuratan dalam menghitung kalori.

Menurut Dawn Jackson Blatner, penulis The Superfood Swap, kalori akan dapat mengatur banyak hal dalam penurunan berat badan. Karenanya, diet CICO dikatakan paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga : Cara Melakukan DietSonoma untuk Turunkan Berat Badan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Lembutnya Kebab Sapi Jumbo 1 Meter"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com