Cara Melakukan Diet Sonoma untuk Turunkan Berat Badan

Riska Fitria - detikFood Senin, 04 Jan 2021 05:00 WIB
Cara Melakukan Diet Sonoma untuk Turunkan Berat Badan Foto: iStock
Jakarta -

Bagi kamu yang berniat untuk menurunkan berat badan, kamu bisa menjalankan diet sonoma. Begini caranya!

Semua insan pasti menginginkan berat badan yang ideal. Karenanya banyak orang yang menjalankan program diet untuk mengatur pola makan yang lebih sehat. Mulai dari sarapan, makan siang, makan malam hingga camilan.

Ada banyak jenis diet yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari diet keto, diet mediterania, diet sirtfood dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga diet sonoma yang mudah untuk dijalani.

Diet ini memang terinspirasi dari diet mediterania. Dietnya berfokus pada pola makan sehat yang dijalani. Lantas, bagaimana cara menjalankan diet sonoma?

Dilansir dari Boldsky (21/10) berikut 5 fakta tentang diet sonoma untuk menurunkan berat badan:

1. Apa Itu Diet Sonoma?

Cara Melakukan Diet Sonoma untuk Turunkan Berat BadanCara Melakukan Diet Sonoma untuk Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Diet sonoma adalah program penurunan bera badan yang dirancang oleh Connue Guttersen, seorang ahli gizi sekaligus penulis buku. Bukunya yang berjudul 'The Sonoma Diet' telah diterbitkan pada 2005.

Selain itu ia juga menerbitkan buku baru berjudul 'The New Sonoma Diet' pada 2011 lalu. Dalam buku tersebut Gutterson menjelaskan tentang filosofi diet sonoma untuk menurunkan berat badan.

Bukan hanya sekadar menurunkan bobot tubuh, tetapi juga sekaligus meningkatkan kesehatan dengan berfokus pada pola makan. Dengan diet ini akan membantu seseorang menghentikan kecanduan gula.

Selain itu, juga membuat seseorang lebih tertarik untuk lebih memilih jenis makanan sehat. Lebih lanjut, diet ini terinspirasi dari diet mediterania yang berfokus pada makanan penambah tenaga.

Baca Juga : Perjalanan Diet Daffa hingga Sukses Turunkan 20 Kilogram

2. Bagaimana Cara Kerja Diet Sonoma?

Cara Melakukan Diet Sonoma untuk Turunkan Berat BadanCara Melakukan Diet Sonoma untuk Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Tujuan dari diet sonoma adalah untuk membuat perut lebih kenyang dengan mengonsumsi makanan sehat. Dalam hal ini porsi makan diatur sebaik mungkin agar proses penurunan berat badan menjadi maksimal.

Jenis diet ini tertukstur dalam tiga fase yang disebut gelombang. Di gelombang pertama dilakukan selama 10 hari dan ini adalah fase paling berat. Di gelombang kedua memungkinkan kamu mencapai bobot ideal.

Sementara di gelombang tiga, berfokus pada mempertahankan bobot tubuh tersebut. Nah, selama menjalankan diet, kamu akan makan 10 makanan penambah tenaga, seperti blueberry, strawberry, anggur, bayam, paprika dan lainnya.

Selain itu, dietsonoma ini mendorong kamu untuk makan tiga kali sehari. Khusus untuk ngemil dilakukan hanya untuk ngidam makanan di antara waktu makan. Pilihlah camilan sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com