Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Kulit, Singkirkan Selulit hingga Bekas Luka

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 28 Jan 2021 08:00 WIB
Tercatat dalam Al Quran, Jahe Jadi Campuran Minuman di Surga Foto: Getty Images/iStockphoto/julichka
Jakarta -

Jahe adalah rempah berkhasiat yang banyak dipakai dalam pengobatan tradisional. Ternyata jahe juga bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Jahe merupakan rempah super yang datang dari keluarga akar-akaran. Jahe sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk meredakan beberapa macam penyakit.

Jahe mengandung antioksidan yang tinggi serta dapat menangkal radikal bebas yang merusak tubuh. Salah satu efek radikal bebas yang mampu diatasi oleh jahe adalah penuaan dini.

Jahe diketahui memiliki kandungan yang juga baik bagi kesehatan kulit tubuh, rambut, dan kulit kepala. Mulai dari menjaga keelastisan dan kesehatan kulit hingga mengatasi kerontokan pada rambut.

Berikut ini manfaat jahe bagi kesehatan kulit dan cara menggunakannya, seperti dirangkum dari Byrdie (25/1):

1. Menghilangkan Bekas Luka

Jahe mengandung antioksidan dan kandungan lain yang mampu mengencangkan kulit. Kedua kandungan ini membuat jahe memiliki manfaat untuk menyamarkan dan menghilangkan bekas luka pada wajah.

Baca Juga: 7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

2. Meremajakan Kulit

Menurut hasil penelitian, jahe dapat meredam enzim yang memecah kolagen. Ketika enzim pemecah kolagen berhasil diredam, maka kolagen akan secara utuh berada pada kulit dan menjaga keremajaan bahkan warna kulit.

3. Menumbuhkan Rambut

Kopi untuk Atasi Rambut Rontok Pada Priamanfaat jahe untuk kulit Foto: iStock

Jahe secara mengejutkan dapat meningkatkan sirkulasi darah pada daerah kulit kepala yang membantu menstimulasi tumbuhnya rambut. Beragam vitamin, mineral dan asam lemak yang ada pada jahe juga dapat memperkuat akar-akar rambut.

4. Mengurangi Ketombe

Jahe menjadi jalan keluar bagi permasalahan ketombe pada kulit kepala. Jahe merupakan antiseptik alami yang dapat menyeimbangkan bakteri baik dan berpengaruh pada produksi ketombe di kepala.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Manfaat Konsumsi Jahe: Tingkatkan Imun Tubuh "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com