7 Penyebab Lapar Terus Menerus Padahal Sudah Makan

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 28 Jan 2021 18:30 WIB
7 Penyebab Lapar Terus Menerus Padahal Sudah Makan Foto: Getty Images/domoyega
Jakarta -

Beberapa orang sering merasa lapar padahal sudah makan. Ternyata ada alasan yang menyebabkan rasa lapar selalu muncul.

Tubuh membutuhkan energi untuk bisa berfungsi dengan baik. Energi yang dibutuhkan oleh tubuh ini berasal dari pembakaran asupan makanan yang dicerna dan kemudian nutrisinya dialirkan ke seluruh tubuh. Hal ini kemudian menjadi alasan timbulnya rasa lapar.

Namun seringkali beberapa orang masih merasa lapar padahal mereka sudah makan. Hal ini perlu diwaspadai karena mungkin saja ini menjadi sinyal adanya gangguan kesehatan tubuh.

Kondisi di mana kamu terus menerus merasa lapar secara medis disebut polyphagia. Kondisi ini ternyata merupakan bagian dari gejala medis beberapa penyakit dan harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Mengutip dari Web MD (2/10) berikut ini 7 penyebab lapar terus menerus padahal sudah makan:

1. Diabetes

7 Penyebab Lapar Terus Menerus Padahal Sudah Makan7 Penyebab Lapar Terus Menerus Padahal Sudah Makan Foto: Getty Images/domoyega

Tubuh mengubah makanan menjadi glukosa yang digunakan sebagai sumber bahan bakar energi. Tetapi, pada penderita diabetes, glukosa tidak mampu mencapai sel-sel tubuh.

Orang yang menderita diabetes tipe 1 biasanya akan merasa lapar, makan dalam jumlah banyak, tetapi tidak diikuti kenaikan berat badan. Gejala yang menunjukan adanya penyakit diabetes berupa kehausan berlebih, buang air kecil lebih sering, penurunan berat badan yang tiba-tiba, hingga penglihatan yang memburam.

2. Gula Darah Rendah

Kondisi tubuh kekurangan gula darah secara medis dikenal dengan sebutan hipoglikemia. Penyakit ini menjadi kekhawatiran yang sering dikeluhkan para penderita diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

Hipoglikemia juga terjadi pada penyakit hepatitis, kelainan ginjal, tumor pankreas dan masalah pada kelenjar adrenal. Gejala lainnya yang menunjukan gula darah rendah berupa kecemasan, jantung berdebar, kulit pucat, gemetar serta berkeringat.

Baca Juga: Sudah Makan tapi Masih Lapar? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com