Sudah Makan tapi Masih Lapar? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Riska Fitria - detikFood Selasa, 25 Agu 2020 10:30 WIB
Penyebab selalu merasa lapar Foto: iStock
Jakarta -

Pernahkah kamu selalu merasa lapar padahal kamu sudah makan? Mungkin kamu mengalami beberapa kondisi ini.

Lapar merupakan tanda bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan. Namun, jangan salah tangkap. Rasa lapar juga bisa disebabkan karena beberapa kondisi tubuh, seperti mengalami stres, dehidrasi, tinggi gula, obesitas hingga menstruasi.

Beberapa kondisi tersebut dapat meningkatkan hormon tertentu yang berakhir pada rasa lapar. Misalnya seperti hormon kortisol yang menyebabkan stres. Ketika stres, energi dalam tubuh akan terkuras. Dengan begitu kamu akan merasa lapar yang berlebih.

Begitu pun dengan menstruasi hingga dehidrasi. Terkadang rasa lapar yang dirasa hanya sebuah tanda bahwa tubuh memerlukan asupan cairan. Namun, banyak orang yang salah mengartikan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 penyebab mengapa kamu selalu merasa lapar.

1. Kadar Gula Darah Tinggi

Penyebab selalu merasa laparPenyebab selalu merasa lapar Foto: iStock

Banyak produk makanan dan minuman yang sengaja ditambahkan gula untuk meningkatkan selera makan seseorang. Namun, tingginya gula dalam tubuh dapat menjadi pemicu selalu merasa lapar. Hal ini pernah dibuktikan oleh sebuah penelitian pada tahun 2015.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak gula, terutama fruktosa dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan diet tinggi fruktosa bisa menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon ghrelin.

Dengan begitu dapat memengaruhi aktivitas di bagian otak yang membuat seseorang merasa kurang kenyang. Hal yang sama juga disebutkan dalam penelitian di tahun 2017. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi suplemen fruktosa dapat membuat perut terasa kosong.

Baca Juga : 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Kamu Masih Lapar Meski Sudah Sarapan

2. Dehidrasi

Penyebab selalu merasa laparPenyebab selalu merasa lapar Foto: iStock

Dehidrasi atau kekurangan cairna tubuh juga bisa menjadi penyebab selalu merasa lapar. Bahkan jika kamu merasa lapar, itu mungkin saja tubuh kamu hanya butuh minum. Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Internis.


"Ketika kamu merasa lapar, banyak yang mengira itu lapar sungguhan. Padahal bisa jadi tubuh hanya memerlukan air," ujar Dr. Levine, seorang Internis dari New York, Amerika.

Lebih lanjut, Dr. Levine menyarankan untuk memulai hari dengan segelas air. Kemudian jangan lupa untuk membawa air minum sendiri untuk memenuhi asupan air sebanyak 1,5 liter hingga 1,5 liter dalam sehari.

Selain itu, pastikan juga untuk minum air putih. Hindari minuman manis yang nantinya justru dapat menipu otak dengan rasa lapar yang berlebih. Tak hanya itu, banyak minum minuman manis bisa meningkatkan risiko diabetes.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3