Ini Sebabnya Kamu Sering Lapar Saat Malam Hari

Sonia Basoni - detikFood Senin, 27 Jul 2020 19:35 WIB
Lapar Tengah Malam Foto: Getty Images/Kontrec
Jakarta -

Banyak orang sering tiba-tiba terbangun di malam hari atau lewat tengah malam karena merasa lapar. Ternyata hal ini ada sebabnya.


Ngidam makanan tertentu atau merasa lapar di tengah malam hari, ternyata memiliki beberapa alasannya tersendiri. Mulai dari pola tidur yang berantakan hingga dorongan hormon dalam tubuh.

Contohnya seperti pola tidur yang berantakan dan tidak teratur bisa membuat orang mudah lebih lapar di malam hari. Ada juga keterkaitan hormon dengan nafsu makan di malam hari.

Ada juga faktor aneh seperti bangun di malam hari untuk buang air kecil yang berakhir ngemil di dapur. Hingga masalah kesehatan lainnya yang cukup berkaitan.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima alasan mengapa banyak orang sering lapar saat malam hari.

Baca Juga: Lapar Tengah Malam? 5 Makanan Ini Bisa Jadi Pilihan Sehat

1. Pola Tidur yang Buruk

Lapar Tengah MalamLapar Tengah Malam Foto: Getty Images/Kontrec

Pola tidur yang buruk ternyata menempati posisi pertama mengapa orang terbangun di malam hari untuk mencari makanan. Fenomena ini bahkan diteliti khusus oleh peneliti dari Neuroscientist di University of Chicago.

Erin Hanlon yang mengawal penelitian ini mengamati bahwa kurangnya jam tidur, sampai gangguan tidur lainnya merupakan salah satu faktor mengapa orang-orang tergerak untuk makan di dini hari.

Selain itu kebanyakan orang-orang yang punya pola tidur tidak teratur cenderung ngidam makanan yang gurih dan berlemak, seperti junk food hingga makanan lainnya di malam hari. Sehingga para peneliti menyarankan agar orang-orang mulai memperbaiki pola tidur mereka.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3