Penting! Ini Tips Menahan Lapar Saat Sedang Diet

Tri Suharyati - detikFood Rabu, 04 Mar 2020 10:30 WIB
Cropped shot of a young woman measuring her waist in the bathroom Tips Menahan Lapar saat Diet (Ilustrasi Foto: Diet)
Jakarta -

Anda sedang melakukan program diet untuk mengurangi berat badan dan menjadikan tubuh lebih langsing serta ideal? Selain makan-makanan yang sehat dan olahraga, hindari mengkonsumsi makanan berlemak. Kesulitan dalam menahan lapar bisa membuat Anda nekat makan makanan tersebut.

Padahal meski hanya memakan sedikit tapi bisa saja menggagalkan rencana diet loh! Dilansir dari situs healthline.com, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menahan lapar. Terapkan tips ini jika ingin diet lancar dan mendapat tubuh langsing serta ideal.

Tips mehanan lapar selama diet berlangsung:

1. Memenuhi Protein yang Cukup

Saat sedang melakukan diet, asupan gizi harus diperhatikan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Dengan begitu akan merasa kenyang cukup lama dan bisa menahan lapar sampai jam makan tiba. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein juga akan membantu otot tetap kuat selama beraktivitas. Protein bisa diperoleh dengan sarapan menggunakan telur, tahu tempe, kacang-kacangan dan lainnya.

2. Makanan Berserat

Memulai sarapan dengan makanan berserat juga dapat membantu menahan lapar sepanjang hari. Bisa mulai dengan sarapan menggunakan kacang-kacangan dan buah yang mengandung serat.

3. Meminum kopi

Meminum kopi saat merasa sangat lapar dapat membantu menahan lapar. Penelitian menunjukkan bahwa kopi meningkatkan pelepasan peptida YY (PYY), hormon ini diproduksi di usus sebagai respon terhadap makan dan meningkatkan perasaan kenyang.

4. Minum Air yang Cukup

Meminum air putih dapat membantu menahan lapar sebelum jam makan tiba. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum dua gelas air sebelum makan, akan makan 22% lebih sedikit daripada mereka yang tidak minum air putih. Namun, alangkah baiknya tidak terlalu berlebihan meminum air, karena akan membuat perut menjadi kembung. Minumlah dengan jeda waktu yang cukup lama sampai jam makan tiba.

5. Konsumsi Cemilan Sehat

Saat malam biasanya akan terbangun dari tidur jika kelaparan. Hal ini juga bisa membuat seseorang yang sedang diet justru makan malam di jam yang salah. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, makanlah cemilan sehat kaya protein dan rendah kalori seperti kacang-kacangan atau biji-bijian. Dengan begitu akan merasa kenyang selama semalaman dan tidak akan membuat merasa kelaparan.

6. Melakukan Olahraga

Dengan melakukan olahraga dipercaya dapat mengurangi rasa lapar, tapi akan lebih sering haus. Hal ini dapat mengurangi kadar hormon kelaparan, sambil meningkatkan perasaan kenyang. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik dan resistensi sama-sama efektif untuk mempengaruhi kadar hormon dan ukuran makanan yang dimakan setelah berolahraga.

7. Memakan Beberapa jahe

Saat merasakan sangat lapar, coba ambil beberapa potong jahe untuk menahan rasa lapar. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi 2 gram bubuk jahe yang dilarutkan dalam air panas saat sarapan mengurangi rasa lapar yang dirasakan.



Simak Video "Nyam! Kreasikan Isi Burgermu Sendiri di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)