Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Jangan Lupa Kontrol ke Dokter Ya

Rosmha Widiyani - detikFood Rabu, 27 Jan 2021 05:00 WIB
Asam Lambung Foto: shutterstock/Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Jangan Lupa Kontrol ke Dokter Ya
Jakarta -

Bagi masyarakat urban, gangguan pencernaan salah satunya asam lambung mungkin sudah tidak asing lagi. Dikutip dari Healthline, asam lambung merujuk pada gastroesophageal reflux disease (GERD) yang merupakan gangguan kronis.

Gangguan asam lambung memiliki gejala yang khas, misal sensasi terbakar di ulu hati. Bila tidak tertangani, gangguan asam lambung berisiko menimbulkan komplikasi pada fungsi tubuh yang berbahaya bagi kesehatan pasien.

Makanan untuk penderita asam lambung sebetulnya tidak menyembuhkan atau meringankan gejala. Namun makanan ini mampu menimbulkan rasa nyaman saat gangguan asam lambung menyerang. Makanan untuk penderita asam lambung juga mampu menyokong kondisi tubuh selama proses pengobatan.

"Tidak ada makanan berikut yang akan memperbaiki kondisi gangguan asam lambung. Keputusan terkait pilihan makanan untuk penderita asam lambung bergantung pada pengalaman pribadi tiap pasien. Makanan dianggap mampu membantu pasien tetap merasa nyaman," tulis healthline.

Berikut makanan untuk penderita asam lambung:

  • Sayuran
  • Jahe
  • Oatmeal
  • Buah selain jeruk dan sejenisnya
  • daging tanpa lemak dan seafood
  • Putih telur
  • Lemak sehat (tidak jenuh)

Pilihan makanan untuk penderita asam lambung sudah terbukti kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Makanan umumnya diolah dengan tidak terlalu banyak gula, garam, dan lemak untuk mempertahankan kandungan gizinya.

Selain itu, makanan untuk penderita asam lambung tidak memiliki rasa yang terlalu tajam. Misalnya, minuman berbahan potongan jahe yang dihidangkan hangat sehingga pasien tetap merasa nyaman.

Setelah perut terasa lebih nyaman usai mengkonsumsi makanan untuk penderita asam lambung, disarankan segera berkonsultasi ke dokter. Kontrol dan mengkonsumsi obat teratur sesuai resep mencegah gangguan asam lambung mengganggu kegiatan setiap hari.

Penderita asam lambung juga wajib menjalankan pola hidup sehat untuk menjaga kondisi tubuhnya. Tidak merokok, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, dan rajin olahraga berdampak baik untuk kesehatan pasien selama proses pengobatan.



Simak Video "Makanan Kaya Nutrisi Hasil Olahan Superfood"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com