Jalani Pola Makan Plant-Based, Andien Pilih Oncom hingga Urap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Jan 2021 17:00 WIB
Jalani Pola Makan Plant-Based, Andien Pilih Oncom hingga Urap Foto: Instagram andienaisyah
Jakarta -

Penyanyi Andien Aisyah menjalani pola makan plant-based. Ia buktikan di Indonesia tak sulit menemukan olahan makanan nabati enak dan menggugah selera.

Plant-based adalah pola makan yang hanya mengonsumsi sebagian besar makanan yang berasal dari tanaman (nabati). Beberapa orang menyamakannya dengan vegan karena keduanya sama-sama menghindari konsumsi produk hewani.

Kini semakin banyak orang beralih menjalani diet plant-based. Pasalnya pola makan ini bukan hanya baik untuk kesehatan, melainkan juga untuk lingkungan.

Salah satu yang menjalani diet plant-based adalah Andien Aisyah. Lewat Instagram, ibu dua anak ini rajin mengunggah foto-foto makanan nabati menggugah selera yang ia nikmati.

Jalani Pola Makan Plant-Based, Andien Pilih Oncom hingga UrapJalani Pola Makan Plant-Based, Andien Pilih Oncom hingga Urap Foto: Instagram andienaisyah

Kemarin (25/1) Andien juga mengungkap alasan dirinya mulai menggandrungi makanan nabati. Ia berujar dulu waktu dirinya kecil, ia melihat makanan bergizi itu tidak keren.

"I was wrong. Aku kena batunya waktu kelas 2 SMA. Ditemukan tumor di payudara kiriku. Kaget? Pasti. Apalagi karena aku nggak ada riwayat secara turun temurun," katanya membuka cerita.

Ia melanjutkan, "Dokter bilang kemungkinan besar karena pola makan. Gradually aku berusaha mengedukasi dan memberdayakan diriku. Dan yang paling penting "unlearn" dan "relearn". Terus belajar setiap hari. Menciptakan kebiasaan baru secara konsisten."

Saat ini ia mengaku semakin jatuh cinta dengan makanan lokal yang semuanya berbahan nabati. Andien bahkan merangkum foto-foto makanan yang ia nikmati lewat tagar #IsiPiringAndien di Instagram.

Jalani Pola Makan Plant-Based, Andien Pilih Oncom hingga UrapJalani Pola Makan Plant-Based, Andien Pilih Oncom hingga Urap Foto: Instagram andienaisyah

Nampak penyanyi 35 tahun ini mencicipi tumis oncom plus brokoli, selada, dan tomat. Ia juga suka paduan tahu, tempe, urap, kacang ijo goreng, tauge, kangkung, dan kecipir rebus.

Baca Juga: Trik Diet Plant Based Enak Khusus untuk Pemula

Menu lainnya adalah sayur lodeh, keripik tempe, pecel, hingga orek tempe. "Aku jadi bersyukur banget di Indonesia sarat akan budaya kuliner yang luar biasa bernutrisi gini," kata Andien.

Sebelumnya, pada Juni 2020, Andien mengatakan sudah beberapa bulan terakhir menjalankan pola makan plant-based. Saat itu ia mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi singkong atau oyek.

Andien Aisyah pilih oyek sebagai pengganti nasiJalani Pola Makan Plant-Based, Andien Pilih Oncom hingga Urap Foto: Instagram andienaisyah

"Oyek dikenal juga sebagai sego singkong. Oyek berbahan dasar singkong, seperti halnya tiwul, hanya saja memiliki proses yang berbeda. Oyek disimpan dalam bentuk beras, sementara tiwul disimpan dalam bentuk tepung gaplek," tulis Andien kala itu.

Ia mengolah oyek dengan cara dikukus. Kemudian untuk lauknya, Andien memakan oyek bersama bayam Jepang (horenso), orek tempe, dan kacang ijo goreng. Terlihat isi piringnya berwarna-warni dan menggugah selera.

Baca Juga: Andien Aisyah Jadi Vegan, Pilih Nasi Singkong 'Oyek' Sebagai Pengganti Nasi

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com