Tren Kuliner 2021

Trik Diet Plant Based Enak Khusus untuk Pemula

Devi Setya - detikFood Senin, 11 Jan 2021 10:30 WIB
Close up of Edamame Foto: Istock
FOKUS BERITA Tren Kuliner 2021
Jakarta -

Tidak mudah menjalani diet plant based, terutama bagi pemula. Tapi ada langkah yang bisa dilakukan agar diet sukses dan bisa tetap puas makan enak.

Sesuai dengan namanya, diet plant based tentu mengutamakan makanan berbasis nabati. Bagi orang yang terbiasa makan sumber protein hewani, tentu saja hal ini akan menyiksa. Bukan hanya soal psikologis tapi juga tubuh yang harus beradaptasi dengan asupan makanan baru.

Plant based diet yang dilakukan dengan teratur akan bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, bonusnya yakni berat badan ideal tanpa tumpukan lemak berlebih. Salah satu pelaku diet plant based adalah pasangan ibu dan anak yang juga pakar teknologi pangan, Amadeus Driando dan Wida Winarno.

Ditemui detikFood beberapa waktu lalu, Ando dan Wida memberikan tips dan trik mudah bagi pemula agar bisa menjalani diet plant based dengan santai dan menyenangkan.

1. Kenali karakteristik tubuh

Selection of healthy products. Balanced diet concept. Selective focus.Trik Diet Plant Based Enak Khusus untuk Pemula Foto: iStock

Sebelum memulai diet plant based, sebaiknya kenali dulu karakteristik dan kebutuhan tubuh. Karena tidak semua orang bisa sepenuhnya melakukan diet plant based. Wida mengatakan, ada tubuh yang menerima asupan makanan nabati namun ada juga yang harus tetap mengonsumsi protein hewani.

Wida menceritakan, tubuhnya akan merasa panas ketika mengonsumsi daging-dagingan. Namun ada kalanya ia juga membutuhkan asupan daging meskipun hanya dalam jumlah sangat sedikit.

Jadi sebelum melakukan diet plant based secara total, cari tahu dulu apakah tubuh cenderung plant based atau meat based. Serta lakukan secara bertahap, tidak disarankan untuk makan makanan nabati secara total karena tubuh akan kaget dan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

2. Cari info sebanyak-banyaknya

Banyak sekali tren diet yang beredar di masyarakat, salah satunya yang kini sedang naik daun yakni plant based diet. Sebelum mulai menjalani plant based diet, usahakan mencari informasi sebanyak-banyaknya.

Bisa melalui internet, sumber literasi tertulis atau bergabung dengan komunitas. Dari sini akan didapatkan banyak informasi serta tips diet yang benar. Hindari juga menjalani diet karena alasan ikut ikutan, karena hal ini membuat diet tidak akan berakhir sukses.

3. Buat kreasi makanan enak

cara bikin orek tempeTrik Diet Plant Based Enak Khusus untuk Pemula Foto: detikfood

Di Indonesia sebenarnya sangat banyak alternatif makanan berbasis bahan nabati. Sebut saja tempe, tahu, jamur dan oncom. Semua sumber protein ini bisa diolah menjadi berbagai makanan. Bahkan kalau kreatif, bahan makanan nabati pun akan memiliki rasa mirip sumber protein hewani.

Kamu bisa mengandalkan tempe atau tahu menjadi bola-bola bakso yang lezat. Atau mengolah jamur menjadi sate ayam dengan bumbu kacang. Saat ini banyak resep makanan nabati yang bisa hadir dengan cita rasa tak kalah lezat.
Serta ikuti 'bahasa' tubuh. Ketika ingin menyantap protein hewani, cobalah makan sedikit agar tidak membuat stres pada diet yang dijalani.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Tren Kuliner 2021

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com