5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 23 Jan 2021 05:00 WIB
5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999
Jakarta -

Banyak orang tidak suka buah dan sayur. Ternyata ada 5 efek tidak makan buah dan sayuran bagi kesehatan. Yuk kenali apa saja yang mungkin bakal kamu alami!

Buah dan sayur merupakan bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin untuk tubuh. Buah dan sayur perlu dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin.

Untuk sebagian besar orang, makan buah dan sayur bukan masalah yang besar. Tetapi untuk sebagian lainnya, konsumsi buah dan sayur adalah hal yang paling mereka benci.

Bukan hanya kekurangan nutrisi dan vitamin, ternyata ada alasan kesehatan di balik anjuran konsumsi buah dan sayur tiap hari. Bahkan, jika tidak mengonsumsi buah dan sayur akan ada beberapa masalah kesehatan yang cukup berbahaya.

Dilansir dari Livestrong (25/9) berikut ini 5 efek tidak makan buah dan sayuran bagi kesehatan:

1. Kelebihan berat badan

5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999

Makan sayuran dapat mengurangi kemungkinan makan berlebih, terutama makanan-makanan yang tidak sehat. Buahan-buahan dan sayur yang tinggi serat dan air menjadi bahan makanan rendah kalori yang aman untuk dikonsumsi.

Kandungan serat dan air dalam buah dan sayur akan memberi rasa kenyang lebih cepat tanpa memberikan kalori berlebih. Buah dan sayur harus masuk ke dalam porsi makan harian untuk menjaga kestabilan berat badan.

Konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang direkomendasikan terbukti dapat menurunkan risiko obesitas. Meningkatkan lebih banyak konsumsi buah dan sayur dari jumlah yang direkomendasikan bahkan terbukti dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Efek Buruk Kesehatan Jika Kurang Konsumsi Sayuran dan Buah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com