5 Efek Minum Kopi Setiap Hari yang Terjadi pada Tubuh

Riska Fitria - detikFood Selasa, 19 Jan 2021 06:00 WIB
Ini 5 Efek yang Terjadi jika Minum Kopi Setiap Hari Foto: iStock

3. Meningkatkan Retensi Memori

Teh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan KepribadianmuTeh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan Kepribadianmu Foto: iStock

Sebuah jurnal berjudul Nature Neuroscience juga menemukan efek minum kopi setiap hari, yaitu dapat meningkatkan retensi memori. Efek tersebut terjadi juga karena peran kafein dalam kopi.

"Kafein meningkatkan kinerja 24 jam setelah diminum. Kami menyimpulkan bahwa kafein konsolidasi ingatan jangka panjang pada manusia," ujar peneliti.

Namun, penting untuk dicatat bahwa mengonsumsi lebih banyak kafein tidak selalu baik dan tidak selalu terbukti berdampak positif pada produktivitas.

4. Bisa Berefek Negatif pada Rutinitas Harian

Bahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara IniBahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara Ini Foto: iStock

Selain efek positif, minum kopi setiap hari juga bisa berefek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa efeknya seperti kecemasan, panik, tidur gelisah, susah tidak dan ketergantungan kafein.

"Peran kafein dapat berhenti 12-24 jam setelah dosis terakhir mengonsumsi kafein. Ini sembuh dalam 24-48 jam. Gejala yang paling menonjol adalah sakit kepala," ujar American Heart Association.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan dosis yang mematikan dari mengonsumsi kafein adalah 236 mililiter. Namun, itu tidak bisa disamakan semua orang, tergantung dengan metabolisme tubuh masing-masing.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com