Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong, Ini Sebabnya!

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 17 Jul 2020 06:00 WIB
Minum Kopi di Pagi Hari Foto: iStock
Jakarta -

Pagi hari memang paling enak minum kopi panas biar mata melek. Tapi menurut beberapa dokter minum kopi saat perut kosong kurang menyehatkan.

Budaya minum kopi di pagi hari sudah melekat di berbagai negara, salah satunya di Indonesia. Banyak orang yang tidak bisa lepas dari kopi terutama saat baru bangun tidur.

Kandungan kafein di dalam kopi dianggap dapat membuat tubuh lebih segar dan tidak mudah mengantuk. Tapi meminum kopi sebelum sarapan saat perut masih kosong ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Yahoo Lifestyle (17/07) berikut penjelasan mengapa minum kopi di pagi hari saat perut kosong harus dihindari.

Baca Juga: 6 Kopi Favorit Ini Bisa Ungkap Pribadimu, yang Mana Kopi Pilihanmu?

1. Meningkatkan Kortisol

business woman feel depress and use smart phone while drinking coffee in the office Foto: iStock

Menurut dokter Carlyn Rosenblum MS, RD, menjelaskan bahwa ada beberapa alasan mengapa minum kopi di pagi hari tidak terlalu sehat, terutama untuk wanita.

"Alasan pertama adalah dapat mengganggu sekaligus meningkatkan hormon kortisol. Hormon kortisol berlebih bisa mengganggu proses ovulasi, berat badan, hingga keseimbangan hormon," jelas Dokter Rosenblum.

Hormon kortisol sendiri merupakan hormon yang berfungsi mengendalikan stres. Serta menyediakan energi dengan menggunakan glukosa dan lemak dalam metabolisme tubuh.

Kortisol ini biasanya paling tinggi di pagi hari, kemudian mereda di sore hari. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kafein ketika kortisol sedang tinggi, bisa menyebabkan produksi kortisol yang berlebih.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]