Ayo, Minum Kopi Indonesia Untuk Selamatkan Petani Kopi!

Odilia WS - detikFood Kamis, 29 Okt 2020 08:00 WIB
Kopi Indonesia Foto: Istimewa
Jakarta -

Dengan minum kopi Indonesia kamu menyelamatkan kopi dan petani Indonesia dari kesulitan ekonomi. Berarti juga terlibat dalam #JagaKopiIndonesia.

Pandemi COVID-19 membuat banyak kafe dan restoran tutup di kota-kota besar. Hal ini berdampak pada stok biji kopi di kebun para petani menumpuk. Sementara para petani mengandalkan hasil panennya untuk menghidupi keluarga.

Selama ini panenan kopi masih berjalan tetapi para petani kopi kesulitan menjualnya. Karena permintaan pasokan untuk kafe, restoran berkurang drastis. Tentu saja hal ini tak bisa dibiarkan.

Pelaku di industri kopi tanah air, salah satunya Anomali Coffee tergerak untuk melakukan gerakan #JagaKopiIndonesia. Anomali Coffee sendiri adalah perusahaan sangrai kopi yang hanya menyajikan Kopi Asli Indonesia dari Aceh sampai Papua.

'Pandemi ini tidak berpengaruh pada kopi robusta karena diserap oleh industri kopi siap seduh. Orang sekarang ngopi di rumah dengan kopi bubuk siap seduh. Kopi Arabica turun serapannya. Ada 15.000 ton di 3-5 kabupaten di Propinsi Aceh belum terserap. Sementara mereka sekarang justru sedang panen,' jelas Irvan Helmi, Co-Founder Anomali Coffee pada detikcom (27/10).

Luwak coffee & local tea testing set in Bali, IndonesiaAyo, Minum Kopi Indonesia Untuk Selamatkan Petani Kopi! Foto: iStock

Anomali Coffee berkolaborasi dengan petani kopi di Jawa dan Aceh. Mereka menurunkan harga bersama-sama sehingga bisa menjual lebih banyak biji kopi sehingga panenan kopi terserap.

"Tidak hanya turut membantu menyelamatkan pendapatan petani kopi, namun kami juga ingin menghadirkan produk kopi Indonesia berkualitas dengan harga terjangkau sehingga masyarakat mendapatkan pengalaman dan tahu bahwa kopi Indonesia itu enak dan brand lokal itu tidak kalah dengan brand luar negeri yang masuk ke Indonesia," tambah Muhammad Abgari, salah satu Co-Founder Anomali Coffee.

Melalui gerakan #JagaKopiIndonesia, Anomali Coffee menghadirkan rangkaian produk berupa Es Kopi Susu Merakyat yang tersedia dalam bentuk gelas dan botol 1 Liter dengan harga yang sangat terjangkau berkisar Rp 12.000,00 - Rp 60.000,00.

Ayo, Minum Kopi Indonesia Untuk Selamatkan Petani Kopi!Ayo, Minum Kopi Indonesia Untuk Selamatkan Petani Kopi! Foto: detikfood

Selain itu juga ada blend biji kopi "Merakyat Blend" yang tersedia dalam ukuran 200 gr 45.000 dan 1 kg yang dapat dipakai sebagai bahan dasar untuk meracik kopi susu sendiri. Kopi ini bisa kamu dapatkan di gerai-gerai Anomali Coffee dan akan dijual hingga persediaan kopi terserap.

Dengan membeli Es Kopi Susu Merakyat dengan rasa gula aren yang legit kamu sudah menolong para petani kopi. Karena hingga saat ini karena penjualan kopi berkurang drastis. Banyak petani kopi yang mulai beralih ke komuditas lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

'Jika hal ini dibiarkan, bisa jadi banyak kelompok petani yang akan beralih ke komoditas lain dan persediaan kopi di Indonesia akan menjadi sangat terbatas di masa yang akan datang,' tutup Irvan Helmi.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)