Manfaat Teh Oolong, Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker Payudara

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 19 Jan 2021 05:00 WIB
Manfaat Teh Oolong, Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker Payudara Foto: iStock
Jakarta -

Teh merupakan minuman herbal menyehatkan, salah satunya teh oolong. Berikut manfaat teh oolong, dari menurunkan berat badan hingga cegah kanker payudara.

Teh oolong merupakan teh yang berbeda dari jenis teh lainnya. Teh oolong merupakan jenis teh yang melalui proses fermentasi.

Akibat proses fermentasi yang dilakukan, membuat teh oolong berwarna lebih gelap, rasanya lebih pahit, dan punya aroma khas yang tidak ada pada jenis teh lainnya. Tetapi teh oolong tetap dihasilkan dari tanaman yang sama dengan jenis teh lainnya yaitu camellia sinensis.

Di balik warnanya yang gelap dan rasanya yang pahit, ternyata teh oolong menyimpan banyak manfaat baik untuk tubuh. Mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah kanker payudara. Semuanya bisa didapatkan dengan rutin konsumsi teh oolong.

Dilansir dari Food NDTV (13/1), teh oolong dikenal dengan karakteristik yang menggabungkan manfaat teh hijau dengan teh hitam. Hal ini yang menyebabkan teh oolong sangat baik untuk metabolisme tubuh.

Manfaat Teh Oolong, Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker PayudaraManfaat Teh Oolong, Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker Payudara Foto: iStock

Sebuah penelitian bahkan dilakukan karena rasa penasaran para peneliti terhadap hasil minum teh oolong terkait produksi energi dan metabolisme lemak pada tubuh manusia. Temuan ini telah dipublikasikan pada jurnal Nutrients.

Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu dengan melibatkan 12 partisipan dewasa berusia 20 hingga 56 tahun. Partisipan dibagi menjadi 3 kelompok dan diberi 3 jenis minuman berbeda selama eksperimen ini. Yaitu teh oolong, minuman kafein, dan plasebo.

Baca Juga: Teh Hitam dan Teh Oolong Berkhasiat Turunkan Berat Badan dan Cegah Kanker

Untuk mengetahui hasil penelitian dengan tepat, efek dari ketiga minuman ini diamati selama 14 hari. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa teh oolong dan kafein murni dapat meningkatkan pembakaran lemak partisipan sebanyak 20% dibandingkan dengan plasebo.

Dry pea flowers. Organic thai butterfly pea tea on blue backgroundManfaat Teh Oolong, Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker Payudara Foto: Getty Images/iStockphoto

Tetapi hasil berbeda ditemukan antara efek kafein dan teh oolong. Pada teh oolong, proses pembakaran lemak bahkan masih berlangsung saat partisipan sedang tertidur.

"Efek stimulasi teh oolong pada kerusakan lemak saat tidur bisa memiliki relevansi klinis yang nyata untuk mengendalikan berat badan. Namun, kita perlu menentukan apakah efek yang kita amati dalam studi 2 minggu diterjemahkan menjadi kehilangan lemak tubuh yang sebenarnya selama periode yang berkepanjangan," kata Profesor Kumpei Tokuyama.

Berikut ini ada 3 manfaat teh oolong yang bisa kamu rasakan dari mengonsumsinya secara rutin:

1. Mengelola Diabetes

Manfaat Teh Oolong, Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker PayudaraManfaat Teh Oolong, Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker Payudara Foto: iStock

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa minum teh oolong setiap hari dapat membantu mengurangi risiko diabetes sebesar 16%.

Manfaat teh oolong ini sangat bagus untuk para penderita diabetes atau mereka yang memiliki risiko terkena diabetes.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat teh oolong juga terasa pada kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health, menemukan bahwa minum teh oolong dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian karenanya.

3. Mencegah Kanker Payudara

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di St. Louis University di Missouri mengatakan bahwa seperti teh hijau, teh oolong juga berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Baca Juga: Ramping Dengan 3 Cangkir Teh Oolong



Simak Video "Bikin Laper: Ayam Kremes dan Sambal Daging yang Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com