7 Cara Alami Turunkan Berat Badan Ini Terbukti Efektif Secara Ilmiah

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 17 Jan 2021 16:00 WIB
7 Cara Alami Turunkan Berat Badan Ini Terbukti Efektif Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/nambitomo
Jakarta -

Ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa kamu coba. Kalau mau yang sudah terbukti efektif secara ilmiah, cara alami turunkan berat badan ini bisa dicoba.

Berat badan menjadi masalah yang tak kunjung usai terutama untuk mendapatkan penampilan yang ideal dan sempurna. Banyak cara menurunkan berat badan yang beredar, dari cara yang paling sehat hingga yang paling ekstrem.

Beberapa cara menurunkan berat badan yang populer antara lain dengan mengatur pola makan, konsumsi suplemen hingga mengganti menu makan yang dipercaya bisa turunkan berat badan dengan cepat. Namun banyak cara menurunkan berat badan belum bisa dibuktikan secara ilmiah mengenai efektivitasnya.

Meski begitu, ada berbagai penelitian ilmiah yang telah dilakukan untuk membuktikan cara menurunkan berat badan mana yang terbaik dan lebih efektif. Beberapa cara ini mungkin kamu ketahui dan bisa kamu coba untuk turunkan berat badan secara aman dan efektif.

Dilansir dari Medical News Today (3/7), berikut 7 cara alami turunkan berat badan yang telah terbukti secara ilmiah:

1. Intermittent Fasting

7 Cara Alami Turunkan Berat Badan Ini Terbukti Efektif Secara Ilmiah7 Cara Alami Turunkan Berat Badan Ini Terbukti Efektif Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/nambitomo

Intermittent fasting atau If adalah pola makan yang mirip dengan puasa. Pada metode ini, seseorang boleh makan semua jenis makanan dalam jangka waktu yang pendek dalam sehari, namun sisanya harus puasa.

Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa IF dalam jangka pendek, membuktikan efek menurunkan berat badan pada orang yang mengalami kelebihan berat badan. Setidaknya cara ini akan efektif setelah dilakukan selama 24 minggu.

2. Mengatur Pola Makan dan Olahraga

Menurunkan berat badan memerlukan perhatian pada apa yang dimakan dan keseimbangan antara kalori yang masuk dan terbakar. Cara yang paling efektif untuk memantaunya adalah dengan membuat catatan makan harian. Bisa dalam bentuk jurnal sendiri atau melalui aplikasi kesehatan.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, menemukan 3.7 miliar aplikasi kesehatan telah diunduh sepanjang tahun 2017. Salah satu penelitian lainnya menemukan bahwa dengan memantau aktivitas fisik secara konsisten terbukti ampuh menurunkan berat badan.

Baca Juga: Menu Diet Tya Ariestya yang Berhasil Turun 19 Kg dalam 4 Bulan!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLIFE
×
Dietku Bukan Dietmu
Dietku Bukan Dietmu Selengkapnya