Apakah Diet Kopi Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Riska Fitria - detikFood Kamis, 14 Jan 2021 06:00 WIB
Apakah Diet Kopi Efektif untuk Menurunkan Berat Badan? Foto: iStock
Jakarta -

Diet kopi dikenal sebagai program diet yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, apakah diet kopi efektif menurunkan berat badan?

Kopi menjadi minuman spesial karena adanya kandungan kafein. Kandungan kafein itulah yang dapat membangkitkan semangat. Bukan hanya itu, kafein juga berkhasiat untuk memangkas bobot tubuh.

Hal ini karena kafein berperan aktif untuk menahan nafsu makan seseorang dan membakar lemak. Jenis diet ini fokus pada takaran minum kopi dalam sehari.

Beberapa orang telah berbagi pengalaman atas keberhasilan penurunan berat badan jangka pendek dengan diet kopi. Namun, diet kopi ini memiliki kelemahan yang signifikan.

Lantas seberapa efektif diet kopi untuk menurunkan berat badan?

1. Apa Itu Diet Kopi?

Apakah Diet Kopi Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?Apakah Diet Kopi Efektif untuk Menurunkan Berat Badan? Foto: iStock

Diet kopi pertama kali dipopulerkan oleh buku berjudul "The Coffee Lover's Diet" milik Dr. Bob Arnot. Dalam bukunya tersebut, Dr. Arnot mengklaim bahwa minum kopi beberapa kali dalam sehari memiliki banyak manfaat.

Mulai dari meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak lemak, memblokir penyerapan kalori dan menurunkan nafsu makan. Porsi yang disarankan oleh Dr. Anrnot untuk minum kopi adalah tiga cangkir dalam sehari.

Selain itu, kamu juga harus membatasi kalori pada 1.500. Idealnya kalori tersebut harus berasal dari protein tanpa lemak, biji-bijian yang tidak dimurnikan dan banyak buah dan sayuran.

Baca Juga : 5 Penelitian Tentang Manfaat Sehat Minum Kopi Untuk Tubuh

2. Cara Melakukan Diet Kopi

5 Efek Negatif Konsumsi Kopi BerlebihanApakah Diet Kopi Efektif untuk Menurunkan Berat Badan? Foto: Getty Images/iStockphoto/limpido

Seperti yang telah disebutkan bahwa dalam sehari dianjurkan untuk minum kopi sebanyak 3 cangkir atau setara dengan 720 ml kopi. Sebelum menjalankan diet kopi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama pilihlah biji kopi yang dipanggang dengan tingkat kematangan sedang (medium roast). Biasanya kopi seperti itu akan lebih kaya kandungan antioksidan polifenol daripada kopi yang dipanggang terlalu matang.

Lebih lanjut, Dr Arnot juga menganjurkan untuk menggunakan biji kopi utuh yang digiling di rumah dan diseduh dengan menggunakan metode saring. Kemudian jangan menambahkan kopi dengan gula atau krimer.

Diet ini tidak hanya mengatur porsi minum kopi, tetapi juga porsi makan. DrArnot menyebut untuk mengganti satu porsi makan dengan mengonsumsismoothie sayuran untuk mendapatkanasupan serat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Petis Bumbon Khas Semarang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com