Manfaat Air Lemon untuk Kulit dan Wajah, Mencerahkan hingga Anti Jerawat

Rosmha Widiyani - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 10:30 WIB
Racikan Teh Lemon dan Kayu Manis Cocok untuk Penderita Diabetes Foto: iStock/Manfaat Air Lemon untuk Kulit dan Wajah, Mencerahkan hingga Anti Jerawat
Jakarta -

Air lemon yang kaya vitamin C dan asam sitrat dikenal sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. Air lemon juga punya efek menyegarkan tubuh saat dikonsumsi bersama potongan sayur segar.

Dengan manfaat dan nutrisi yang melimpah, air lemon mulai dilirik untuk skin care. Dikutip dari healthline, manfaat air lemon untuk kulit dan wajah ternyata sangat beragam.

Berikut manfaat air lemon untuk kulit dan wajah:

1. Perawatan saat kulit berjerawat

2. Anti mikroba

3. Mencerahkan kulit

4. Mengangkat sel-sel kulit mati

5. Meningkatkan kandungan kolagen dalam kulit

6. Mengatasi bau badan

7. Mengurangi masalah minyak berlebih

8. Memudarkan bintik hitam dan bekas luka

9. Menjaga keseimbangan tingkat keasaman (pH).

Lemon memiliki tingkat keasaman tinggi yang mampu mengurangi radang dan minyak, termasuk pembentukan jerawat. Tingkat keasaman juga membantu menjaga keseimbangan pH pada kulit.

Kandungan lainnya adalah alpha hydroxy acid (AHA) yang mampu memecah sel kulit mati dan mencegah bintik hitam. Lemon juga memiliki efek anti mikroba dan anti jamur yang menjaga kulit tetap bersih serta sehat.

Senyawa antioksidan menjadi alasan lain manfaat air lemon untuk kulit dan wajah. Antioksidan mencegah efek radikal bebas sehingga kandungan kolagen dalam kulit tidak rusak. Hasilnya kulit dan wajah terlihat halus, segar, da bebas kerut halus.

Meski memiliki banyak manfaat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan air lemon untuk kulit dan wajah.

1. Bolehkah memakai lemon di wajah tiap hari?

Manfaat air lemon untuk kulit dan wajah memang tidak diragukan. Namun sebelum menggunakan potongan lemon segar di wajah, pastikan telah berkonsultasi dengan dokter dan tidak mengalami alergi.

Selain itu, disarankan tidak keluar rumah usai menggunakan lemon. Potongan dan air lemon yang meningkatkan risiko terbakar akibat sinar matahari (sunburn). Lemon jangan digunakan beberapa hari sebelum keluar rumah.

2. Apakah lemon aman untuk wajah?

Efek air lemon yang memiliki tingkat keasaman tinggi mungkin tidak terlihat hanya dalam satu hari. Karena itu sebaiknya jangan menggunakan potongan lemon segar untuk perawatan kulit dan wajah.

Apalagi jika kulit cenderung sensitif sehingga sangat peka dengan kondisi ekstrim. Jika ingin mencoba efek lemon pada kulit dan wajah, bisa digunakan produk perawatan berbahan lemon dengan kandungan AHA dan Vitamin C.

3. Bagaimana menggunakan lemon untuk kulit dan wajah?

Manfaat air lemon untuk kulit dan wajah bisa diperoleh, asal digunakan sesuai kondisi serta saran dokter. Jika kulit menunjukkan reaksi alergi, sebaiknya air lemon jangan digunakan dan beralih ke bahan lain.

Secara umum, hanya sedikit air lemon yang digunakan untuk perawatan kulit dan wajah. Air lemon diteteskan pada kapas kemudian diaplikasikan pada bagian kulit. Setelah kering bisa dilanjutkan dengan tahap perawatan kulit yang lain.



Simak Video "Bikin Laper: Makan Iga Bakar Madu Lemon dan Sup Gurame Kari Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com