7 Makanan Pantangan Asam Urat dan Kolesterol, Harus Dihindari

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 15 Des 2020 11:30 WIB
Set of sliced cow lung isolated on white background. Foto: iStock
Jakarta -

Banyak makanan pantangan untuk penderita asam urat dan kolesterol. Pola makan yang tidak sehat bisa membuat kadar asam urat dan kolesterol naik.

Menjaga pola makan sehat dan menghindari pantangan makanan untuk asam urat dan kolesterol bisa membantu tubuh untuk tetap sehat. Karena penderita kolesterol mempunyai kecenderungan menderita asam urat.

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang dapat menyebabkan nyeri dan bengkak. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan zat yang disebut dengan asam urat dalam darah.

Sedangkan kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan di dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung hingga stroke.

Ini makanan pantangan asam urat dan kolesterol yang harus dihindari:

1. Jeroan

Penderita asam urat dan kolesterol perlu menghindari asupan jeroan seperti ampela, babat, kikil, hati, ginjal, usus dan otak. Karena jeroan memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi pada meningkatnya kadar asam urat.

Purin merupakan senyawa kimia tertentu yang dalam beberapa makanan akan berubah menjadi asam urat jika dipecah. Sedangkan hati hewan seperti sapi dan kambing mengandung kadar kolesterol tinggi.

2. Seafood

Makanan pantangan asam urat dan kolesterol lainnya adalah makanan laut atau seafood. Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, kerang, sarden dan tuna mengandung purin yang cukup tinggi. Akan tetapi manfaat kesehatan secara keseluruhan dari seafood mungkin lebih besar daripada risikonya bagi penderita asam urat jika dikonsumsi secara moderat.

Namun untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi sebaiknya jangan konsumsi lobster. Dalam 85 gram lobster mengandung 125 mg kolesterol. Terlebih lagi jika lobsternya diolah dengan cara digoreng, tentu kandungan kolesterolnya akan lebih tinggi.

3. Daging merah

Penderita asam urat dan kolesterol disarankan untuk membatasi asupan daging merah. Biasanya dokter atau ahli gizi menganjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Daging merah pun sebaiknya diolah dengan cara sehat tanpa tambahan minyak.

4. Makanan olahan

Disebut sebagai 'miskin gizi', makanan olahan seperti kornet, abon, hingga makanan cepat saji lainnya ternyata mengandung purin yang tinggi. Sehingga untuk Anda yang memiliki kadar asam urat dan kolesterol berlebih sebaiknya menghindari makanan instan ini.

5. Beberapa jenis sayur dan kacang-kacangan

Ada beberapa sayuran seperti bayam, asparagus, jamur kuping, bayam, kol, bunga kol, daun pepaya, buncis, kangkung dan daun singkong juga kaya akan kandungan purin. Kacang-kacangan seperti melinjo, kacang hijau, kacang kering, kacang tanah dan tauge juga mengandung banyak purin.

Sehingga bagi penderita asam urat sebaiknya menghindari konsumsi jenis sayur dan kacang-kacangan tersebut.

6. Gorengan

Makanan yang digoreng seperti daging goreng hingga aneka gorengan mengandung kolesterol tinggi dan harus dihindari.

Gorengan sarat dengan kalori dan dapat mengandung lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan merusak kesehatan. Terlebih lagi konsumsi gorengan yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas dan juga diabetes.

7. Minuman beralkohol

Makanan pantangan asam urat dan kolesterol yang terakhir adalah alkohol. Asam urat dan kolesterol tinggi akan menyebabkan masalah yang berat jika Anda rutin mengonsumsi alkohol. Karena bir atau minuman beralkohol lain dapat menyebabkan produksi asam urat di dalam tubuh meningkat.

Selain itu minum alkohol berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.



Simak Video "Tips Memasak Nasi agar Kadar Gulanya Lebih Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com