ADVERTISEMENT

12 Makanan Sehat Berwarna Gelap yang Bagus Dikonsumsi Rutin

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 01 Des 2020 13:00 WIB
jamur kuping
Foto: iStock
Jakarta -

Warna gelap pada makanan berasal dari kandungan flavonoid yang punya banyak manfaat sehat. Berikut 12 makanan sehat berwarna gelap yang bagus dikonsumsi rutin.

Tiap bahan makanan memiliki kandungan nutrisi berbeda. Salah satunya bisa dilihat dari warna makanan tersebut.

Menurut penelitian, anthocyanin atau kandungan antioksidan yang kuat memberikan warna gelap pada buah dan sayuran. Seperti warna merah, hitam, ungu, dan biru.

Kandungan anthocyanin dan flavonoid pada makanan memberi banyak manfaat bagi tubuh. Flavonoid bersifat antikanker, antidiabetes, antimikroba, antiinflamasi serta antiobesitas.

Berikut ini 12 makanan sehat berwarna gelap yang mengandung banyak anthocyanin dan flavonoid yang baik untuk tubuh, menurut Bold Sky (27/11):

1. Beras Merah

Beras MerahBeras Merah Foto: shutterstock

Berbeda dengan jenis beras lainnya, beras merah mengandung serat dan nutrisi yang lebih tinggi.

Beras merah biasanya dipilih para pelaku hidup sehat. Kadar glukosanya yang lebih rendah juga menjadi alasan beras jenis ini baik dikonsumsi penderita diabetes.

Bukan hanya kaya akan serat dan rendah glukosa, beras merah juga baik untuk mencegah inflamasi, alzheimer dan atherosclerosis.

Baca Juga: 10 Makanan Hitam Eksotik yang Lezat Juga Kaya Nutrisi

2. Zaitun Hitam

Setelah melalui tahap panen, zaitun biasanya mengalami pematangan hingga mengubah warnanya menjadi hitam akibat bertambahnya anthocyanin pada buah zaitun. Zaitun hitam bermanfaat untuk mencegah kanker, kelainan jantung, serta inflamasi.

Penelitian menunjukkan total senyawa fenolik pada zaitun hitam 2 kali lebih banyak dibanding zaitun yang berwarna hijau.

3. Lada Hitam

ladalada hitam Foto: iStock

Selain untuk bumbu dapur, lada hitam juga memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Lada hitam diketahui mengandung zat aktif bernama piperine.

Kandungan piperine dalam lada hitam berfungsi menyembuhkan masalah pencernaan dan memiliki efek kemopreventif. Lada hitam juga memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, imunitas serta mengurangi gejala depresi.



Simak Video "Makanan Sehat Untuk Anak, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT