Intuitive Eating, Cara Makan Sehat dan Enak yang Bikin Bahagia

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 11:30 WIB
Woman holding a slice of cucumber Foto: Getty Images/iStockphoto/gpointstudio
Jakarta -

Intuitive eating diklaim dapat membantu seseorang makan lebih sehat dan dengan bahagia. Pola makan ini berbeda dengan diet kebanyakan.

Intuitive eating merupakan pola makan sehat yang berbeda dengan diet. Diet biasanya memfokuskan untuk memangkas salah satu atau beberapa jenis makanan dan dilakukan secara ketat.

Sementara intuitive eating lebih kepada pola makan yang fokus pada kesehatan dan kebugaran dengan cara mengendalikan sinyal dari tubuh. Prinsip intuitive eating adalah seseorang perlu tidak menahan lapar yang menyiksa atau mengekang keinginan makan mereka yang malah bisa memicu stres.

Intuitive eating bahkan memungkinkan segala makanan bisa dikonsumsi dan tidak menyebabkan risiko buruk yang mungkin akan diterima tubuh. Fokusnya ada pada kondisi berdamai dengan makanan dan rasa lapar. Pelaku intuitive eating menolak diet ketat dan menghargai rasa kenyang serta perasaan diri sendiri.

Kalau tertarik mencobanya, kamu bisa memulai intuitive eating dengan 5 langkah ini. Informasinya dilansir dari Real Simple (30/12) seperti berikut:

1. Bersikap Baik Pada Tubuh

Metode Diet GM untuk Turunkan Berat Badan dalam 7 HariIntuitive Eating, Cara Makan Sehat dan Enak yang Bikin Bahagia Foto: iStock

Memperlakukan tubuh sendiri dengan baik menjadi tantangan terbesar sebagian orang. Banyak orang yang menganggap berat badan ideal adalah segalanya sehingga harus menekan rasa lapar dan menyakiti diri sendiri untuk mencapai tujuan itu.

Intuitive eating melakukan hal yang sangat berkebalikan dengan prinsip tersebut. Intuitive eating lebih menekankan agar kamu untuk bisa menerima tubuhmu, menjalin hubungan yang lebih baik dengan tubuhmu, bahkan memberi waktu santai untuk tubuh dibanding hanya tentang membakar kalori sebanyak-banyaknya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com