'Intuitive Eating', Mengajak Pelaku Diet Nikmati Makanan Pakai Intuisi

Shara Azzhara - detikFood Rabu, 10 Apr 2019 07:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pola diet biasanya membatasi asupan makanan tertentu, namun pola makan intuitif berbeda. Pelakunya diajak menggunakan intuisi atau kemampuan mendengar bisikan hati saat memutuskan makan.

Banyak orang menempuh berbagai cara untuk memperoleh tubuh yang proporsional. Cara menurunkan berat badan identik dengan menghilangkan atau membatasi asupan makanan. Hal ini tentu terasa sangat sulit dijalani terutama pada tahap awal. Terlebih, diet pada umumnya mengharuskan Anda mengonsumsi makanan tanpa tambahan rasa agar lebih sehat.

Sebaliknya, diet ini justru dapat merusak kesehatan secara keseluruhan. Pembatasan asupan makanan tertentu memunculkan obsesi pada makanan tersebut dan membuat Anda makan lebih banyak saat ada kesempatan. Ketika makan berlebih, pikiran akan terasa menyesal dan menimbulkan stress berlebih yang mengantarkan Anda pada depresi dan rasa resah.

'Intuitive Eating', Mengajak Pelaku Diet Nikmati Makanan Pakai IntuisiFoto: iStock

Agar terhindar dari hal tersebut, cukup perhatikan asupan makanan sesuai yang Anda inginkan dan tubuh Anda butuhkan. Pakar nutrisi bernama Evelyn Tribole dan Elyse Resch menciptakan konsep 'makan intuitif' pada tahun 1995 dan menjadi konsep makan sehat yang digemari. Pola makan ini dapat Anda aplikasikan untuk diet tanpa menyiksa tubuh dan pikiran. Informasinya dirangkum NDTV (6/4) seperti berikut.

Baca juga: 4 Kesalahan Diet Ini Picu Kematian Banyak Orang di Dunia

1. Tolak pola pikir diet
Lupakan bahwa Anda sedang berusaha mengatur pola makan. Hal ini akan mengurangi beban pikiran dan membuat perasaan lebih tenang.

2. Hargai rasa lapar
Ingatlah bahwa tubuh memiliki sifat biologis untuk mendapatkan energi. Tubuh Anda memiliki hak untuk mendapatkan asupan nutrisi saat lapar.

'Intuitive Eating', Mengajak Pelaku Diet Nikmati Makanan Pakai IntuisiFoto: Istock

3. Berdamai dengan hidangan
Ketika Anda melarang diri untuk makan hidangan tertentu, hal ini membuat Anda semakin menginginkan makanan tersebut. Agar tidak berkeinginan lebih, makanlah sesuatu yang Anda inginkan dengan porsi yang cukup.

4. Tak perlu aturan makan
Anda tidak perlu mengikuti aturan apa yang boleh dimakan dan apa yang tidak boleh berdasarkan larangan orang lain. Kendalikanlah sendiri apa makanan yang baik untuk Anda.

Baca juga: Lemak Perut Tak Kunjung Susut? Lakukan 5 Tips Jitu Ini

5. Hargai rasa kenyang
Perhatikan tanda yang diberikan oleh tubuh. Secara alami tubuh akan memberikan peringatan ketika lapar dan kenyang. Cara terbaik yaitu dengan berhenti satu menit saat makan dan rasakan apakah tubuh Anda masih menginginkannya.

'Intuitive Eating', Mengajak Pelaku Diet Nikmati Makanan Pakai IntuisiFoto: iStock

6. Temukan faktor pemuas
Kenalilah apa makanan yang membuat Anda merasa kenyang dan senang. Karena pikiran yang senang akan membuat tubuh terasa lebih sehat.

7. Hargai perasaan
Jangan mengonsumsi makanan untuk melepaskan stress. Makanlah hanya untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Percayalah bahwa menyalurkan emosi dengan makan bukan solusi stress dan depresi.

8. Hargai tubuh
Setiap individu memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Anda harus mengetahui apa yang tubuh butuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan konsultasi dengan ahli gizi atau mengenali reaksi tubuh Anda terhadap makanan tertentu.

'Intuitive Eating', Mengajak Pelaku Diet Nikmati Makanan Pakai IntuisiFoto: iStock

9. Rasakan perbedaan
Ubahlah pola pikir Anda saat berolahraga. Olahraga bukan ditujukan untuk membakar kalori melainkan untuk menyalurkan semangat dan adrenalin secara rutin. Saat tubuh dan pikiran merasa senang dengan makanan yang dikonsumsi, Anda akan mendapatkan energi lebih untuk berolahraga.

10. Hargai kesehatan
Terakhir, pilihlah makanan dengan bijak untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal penting lain yang harus diingat adalah camilan kecil tidak akan menggagalkan pola makan sehat secara teratur.

Baca juga: Dari Jepang hingga Argentina, Ini Pola Makan Sehat yang Bikin Badan Ramping

(adr/adr)