Lemak Perut Tak Kunjung Susut? Lakukan 5 Tips Jitu Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 03 Apr 2019 14:31 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat bisa bantu hilangkan lemak di perut. Perbanyak makanan tinggi air hingga berolahraga jadi kuncinya.

Penurunan berat badan tidak mungkin tercipta tanpa adanya diet sehat. Penurunan berat badan yang berkelanjutan ini didasarkan dari beberapa faktor. Tak hanya rajin berolahraga, menghilangkan kebiasaan makan makanan manis juga bisa jadi pilihan.

Dikutip dalam NDTV, berikut ini beberapa tips dan trik memangkas lemak di perut dalam waktu yang tak terlalu lama.

Baca juga: Mau Cepat Langsing? Coba Santap Makanan Terakhir Jam 2 Siang

1. Kurangi garam

Lemak Perut Tak Kunjung Susut? Lakukan 5 Tips Jitu IniFoto: Istock

Kelebihan natrium menyebabkan gangguan keseimbangan air dan menyebabkan retensi air atau kembung. Para ahli juga mengatakan bahwa seseorang harus mengurangi asupan garam setelah pukul 7 malam. Hal ini dikarenakan metabolisme pada malam hari lambat dan lebih baik konsumsi makanan ringan dan mudah dicerna seperti buah.

2. Hindari makanan olahan dan gula

Lemak Perut Tak Kunjung Susut? Lakukan 5 Tips Jitu IniFoto: iStock

Makanan olahan seperti kentang goreng, sosis dan burger merupakan kalori kosong. Makanan ini memiliki rasa yang gurih namun dapat dengan mudah menambah kenaikan berat badan. Kue manis seperti cake dan donat dikemas dengan lemak tak jenuh yang dapat membuat perut buncit.

3. Selektif menggunakan minyak

Lemak Perut Tak Kunjung Susut? Lakukan 5 Tips Jitu IniFoto: iStock


Jangan asal memilih minyak goreng. Minyak terhidrogenasi dikemas dengan lemak dan kalori tak jenuh yang dikenal dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Anda bisa memasak makanan dalam minyak nabati sehat seperti minyak biji bunga matahari hingga canola untuk cegah kelebihan kalori. Tentu jumlahnya perlu dibatasi.

4. Sertakan makanan tinggi protein dan serat

Lemak Perut Tak Kunjung Susut? Lakukan 5 Tips Jitu IniFoto: iStock

Setiap kali makan pastikan diet Anda mengandung protein dan serat. Protein dan serat membutuhkan waktu cerna yang agak lama dan bisa bertahan sementara waktu dalam waktu yang cukup lama di dalam tubuh. Makanan tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran berdaun hijau, buah-buahan dan sayuran bisa jadi pilihan.

Untuk makanan tinggi protein Anda dapat memilih telur, ayam dan juga ikan.

5. Konsumsi banyak cairan

Lemak Perut Tak Kunjung Susut? Lakukan 5 Tips Jitu IniFoto: Istimewa

Selain air putih, cairan juga bisa didapatkan dari buah tinggi air. Idealnya, seseorang harus minum 7-8 gelas ais setiap hari. Ini akan memberi perasaan penuh dan mencegah Anda makan terlalu banyak.

Seringkali otak mencampurkan sinyal rasa lapar dan haus. Kalau bosan mengonsumsi air putih, Anda bisa menikmati infused water atau jus sayur dan buah tanpa gula yang dibuat sendiri.

Baca juga: Atasi Perut Buncit dengan Rutin Konsumsi 8 Makanan Ini (2) (lus/odi)