Ini 'Intuitive Eating', Pola Makan yang Fokus pada Intuisi

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 02 Sep 2019 17:27 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Berbagai pola makan hadir sebagai pilihan menurunkan berat badan. Salah satunya yang mengandalkan intuisi atau kemampuan memahami sesuatu dengan hati.

Intuitive eating adalah metode non-diet yang bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran dengan cara memberi sinyal bagi tubuh. Pola makan intuitif dinilai mampu memutuskan siklus diet ketat dan memulihkan hubungan antara Anda dengan makanan.

Intuitive eating tidak menyiksa Anda dengan menahan rasa lapar atau lapar emosional lainnya seperti perasaan bersalah atau menyesal setelah makan. Namun, dengan pola makan intuitif ini Anda diajak untuk berdamai dengan makanan, tetap menghargai rasa lapar, menolak diet ketat, menghargai rasa kenyang, serta tetap beraktivitas fisik secara aktif.
Ini 'Intuitive Eating', Pola Makan yang Fokus pada IntuisiFoto: iStock

"Kadang-kadang, pemakan intuitif dapat makan untuk alasan lain selain kelaparan, seperti mencoba makanan tertentu atau merasakan rasa kenyang yang nyaman meskipun setelah makan makanan lezat," kata Tracy L. Tylka, profesor psikologi di Ohio State University.

Namun bagaimana cara menerapkan intiuitive eating? Diet intuitive eating bisa sangat bervariasi. Namun berikut sembilan tips untuk menerapkan pola makan intuitive eating seperti yang dilansir dari US News (26/8).


Baca Juga: Kurangi Porsi Makan Ternyata Tak Bikin Berat Badan Turun

1. Hargai rasa lapar
Ini 'Intuitive Eating', Pola Makan yang Fokus pada IntuisiFoto: iStock

"Berusahalah mengenali rasa lapar dan isyarat dari tubuh Anda," kata ahli diet, Kathryn Johnson. Yang paling penting, setelah Anda mengenali isyarat itu, jangan dilawan. Jika Anda lapar, makanlah. Tapi perlu diingat, Anda bisa tetap kenyang tanpa menghabiskan seluruh makanan.


2. Tak perlu aturan makan

Ketika Anda makan secara intuitif, Anda tak perlu memperhatikan waktu untuk makan, kata Erin Coates, ahli diet di Cleveland Clinic Wellness. Dengan kata lain, Anda hanya makan ketika Anda merasa lapar.

"Misalnya, hanya karena ini siang hari, bukan berarti ini adalah waktu makan siang," kata Coates.

Menurutnya jika Anda makan tanpa memedulikan waktu, akan membantu Anda makan lebih sedikit di sepanjang harinya. Sebab sebagian besar diet suka mengatur makan di waktu tertentu tanpa harus memperhatikan rasa lapar yang sebenarnya.


3. 'Berdamai' dengan semua makanan

Ketika Anda melarang diri untuk makan hidangan tertentu, hal ini membuat Anda semakin menginginkan makanan tersebut. Sehingga ketika memakannya, Anda akan makan berlebihan. Agar tidak berkeinginan lebih, makanlah sesuatu yang Anda inginkan dengan porsi yang cukup.


4. Fokus ketika makan
Ini 'Intuitive Eating', Pola Makan yang Fokus pada IntuisiFoto: iStock

Hindari makan sambil melakukan pekerjaan lain seperti menonton televisi atau bermain komputer. Hal tersebut akan menghilangkan rasa kenyang, yang berakibat Anda akan makan secara berlebihan. Makan di ruang makan saat di kantor, duduk dengan tenang, dan hargai makanan yang Anda santap.

5. Kondisikan rasa lapar

Jika Anda merasa ingin makan tetapi Anda tidak lapar secara fisik, tanyakan pada diri sendiri, apa yang sedang Anda butuhkan saat itu. Solusinya Anda bisa tidur siang, bermeditasi beberapa menit, atau menyelesaikan tugas untuk mengatasi stres dibandingkan jika Anda makan berlebihan.

6. Tetap berolahraga

Ubahlah pola pikir Anda saat berolahraga. Olahraga bukan ditujukan untuk membakar kalori melainkan untuk menyalurkan semangat dan adrenalin secara rutin. Saat tubuh dan pikiran merasa senang dengan makanan yang dikonsumsi, Anda akan mendapatkan energi lebih untuk berolahraga.

7. Buat pola makan yang sehat

"Pastikanlah bahwa piring Anda seimbang dengan protein tanpa lemak, buah dan sayur segar, biji-bijian utuh, dan lemak sehat. Dengan ini akan memberi tubuh Anda bahan bakar yang dibutuhkan dan dapat membantu mengurangi keinginan mengidam makanan yang tidak sehat," kata Blair B. Avendano, ahli diet di Northside Hospital di Atlanta. Pastikan tidak membuat tubuh tidak mengosnsumsi apa pun selama 4-5 jam.

8. Nikmati makanan Anda

Luangkan waktu untuk menikmati makanan atau makanan ringan Anda, kata Coates. "Kita sering sekali terburu-buru saat makan dan ngemil di perjalanan, tetapi ini bisa mencegah kita berhubungan dengan indera kita sendiri dan memberi tahu pada tubuh ketika kita sudah cukup makan," katanya.

"Butuh waktu bagi tubuh kita untuk mengenali rasa kenyang yang cukup. Dengan menikmati makanan, akan membantu tubuh merasakan rasa kenyang itu," lanjutnya.


9. Tinggalkan sedikit makanan di piring Anda
Ini 'Intuitive Eating', Pola Makan yang Fokus pada IntuisiFoto: iStock

Jika Anda sering menghabiskan makanan di piring Anda, cobalah untuk tinggalkan satu atau dua gigitan, kata Coates.

"Anda tetap bisa makan makanan yang tidak Anda habiskan," katanya.


Baca Juga: Ini Cara Praktis Mengukur Porsi Makan dengan Tangan

Simak Video "Bikin Laper Edisi Pedas Sambal 'Devil' Hingga Makanan Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)