7 Minyak Sehat untuk Menggoreng Rekomendasi Ahli Gizi

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 13:30 WIB
minyak canola kurangi lemak perut Foto: iStock
Jakarta -

Penggunaan minyak goreng yang tepat bisa membuat makanan lebih sehat. Ahli gizi merekomendasikan penggunaan 7 minyak sehat untuk menggoreng ini.

Minyak untuk menggoreng memiliki peran yang penting. Pilihan minyak yang digunakan saat memasak juga akan menentukan apakah makanan yang dihasilkan menjadi makanan yang cukup sehat atau tidak.

Pastikan minyak yang digunakan adalah yang cocok dengan jenis makanan atau teknik memasak yang kamu pakai. Perhatikan soal titik didih minyak, rasa yang dihasilkan dari minyak, serta kandungan nutrisi yang ada pada minyak.

Beberapa minyak yang umum digunakan untuk menggoreng ternyata tidak sesehat yang dapat dibayangkan. Minyak kelapa, misalnya, ternyata mengandung kandungan lemak jenuh yang masih cukup tinggi. Atau minyak kelapa sawit yang ternyata mengandung 86% lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan.

Berikut ini 7 minyak sehat untuk menggoreng rekomendasi ahli gizi, seperti dikutip dari Livestrong (6/1):

1. Extra-Virgin Olive Oil (EVOO)

Minyak zaitunFoto: iStock

Diet Mediterania mengakui bahwa EVOO memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Minyak ini mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan senyawa fenolik. Hal ini diungkap dalam ulasan Endocrine, Metabolic & Immune Disorders tahun 2018.

Penelitian ini menemukan bahwa minyak zaitun extra-virgin meningkatkan kadar kolesterol baik juga menurunkan kadar kolesterol buruk. Minyak ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dan meningkatkan kontrol glukosa darah.

2. Minyak Alpukat

Diekstraksi dari daging buah alpukat, minyak ini memiliki rasa yang ringan. Minyak ini memiliki titik asap yang lebih tinggi dari semua minyak goreng yaitu pada 260 derajat Celcius.

Kandungan lemak minyak alpukat hampir identik dengan minyak zaitun yaitu 74% lemak tak jenuh tunggal, 9% tak jenuh ganda, dan 14% lemak jenuh. Komposisi ini membuat minyak alpukat masuk ke dalam daftar minyak yang sehat untuk jantung.

Baca Juga: Minyak Sayur dan Minyak Zaitun, Mana yang Lebih Sehat?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com