7 Minyak Sehat untuk Menggoreng Rekomendasi Ahli Gizi

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 13:30 WIB
minyak canola kurangi lemak perut Foto: iStock

3. Minyak Biji Rami (Flaxseed)

Banyak manfaat sehat dari biji rami karena kandungan omega-3 dan lemak tak jenuh ganda di dalamnya. Faktanya, minyak biji rami memiliki kadar omega-3 tertinggi dibandingkan dengan semua minyak goreng lainnya.

Satu sendok makan minyak biji rami memiliki lebih dari 7 gram omega-3. Sebagai perbandingan, 3 ons salmon hanya memiliki sekitar 2 gram omega-3. Karena hal ini minyak biji rami tergolong minyak sehat untuk menggoreng.

4. Minyak Walnut

Minyak walnut dikaitkan dengan manfaatnya mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam uji klinis kecil yang diterbitkan pada Juni 2013 dalam Nutrisi, para peneliti menemukan bahwa minyak walnut membantu meningkatkan fungsi endotel bahkan lebih baik daripada walnut utuh.

Fungsi endotel ini terkait dengan pengembangan penumpukan plak di dinding arteri. Namun ketika dipakai untuk menggoreng, rasanya bisa menjadi pahit. Lebih baik gunakan minyak ini untuk saus salad saja.

5. Minyak Wijen

Sesame Oil with some Sesame Seeds on dark wooden table (close-up shot)Foto: iStock

Minyak wijen memiliki rasa kacang yang kuat. Minyak ini bisa ditambahkan dalam beragam masakan Asia. Aroma gurihnya juga khas.

Sifat gizi dan manfaat kesehatan biji wijen ternyata serupa dengan chia dan biji rami. Minyak wijen kaya akan lignan yang bertindak sebagai antioksidan menurut makalah Ilmu Pangan dan Pertanian. Hanya saja minyak wijen digunakan sebagai bumbu masakan saja, bukan untuk menggoreng.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com