7 Cara Mengurangi Konsumsi Garam agar Program Diet Berhasil

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 12 Jan 2021 15:00 WIB
Midsection image of woman adding salt in cooking pot. Utensil is placed on gas stove. Close-up of female seasoning her dish. She is preparing food in domestic kitchen. Foto: iStock
Jakarta -

Konsumsi garam berlebihan akan membahayakan tubuh. Berikut ini beberapa cara mengurangi konsumsi garam agar program diet juga berhasil.

Dietary Guidelines for Americans (DGA) merekomendasikan jumlah asupan garam orang dewasa adalah tidak lebih dari 2.300 miligram per hari atau setara dengan satu sendok teh garam. Tetapi rata-rata orang dewasa Amerika mengonsumsi hampir satu setengah kali lipat jumlah yang disarankan.

Mengonsumsi garam melebihi batas aman yang telah ditentukan akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Dalam jangka panjang, asupan aram yang berlebih jika masuk ke dalam darah akan berbahaya bagi kesehatan jantung.

Asosiasi Jantung Amerika menjelaskan bahwa natrium dapat menarik air ke pembuluh darah. Hal ini dapat meningkatkan volume darah yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan darah dan menyebabkan ketegangan pada jantung.

Selain masalah kesehatan, bagi para pelaku diet, mengonsumsi terlalu banyak garam juga bisa jadi masalah. Hal ini lantaran sifat garam yang menahan lebih banyak air bisa membuat berat badan otomatis ikut bertambah.

Dilansir dari Eating Well (7/1), berikut ini 7 cara mengurangi konsumsi garam secara mudah:

1. Kurangi Konsumsi Makanan Olahan

White bath salt in a wooden bowl with a spoon on a wooden tableWhite bath salt in a wooden bowl with a spoon on a wooden table Foto: Getty Images/iStockphoto/Bborriss

"Jika ingin makan lebih sedikit garam, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi asupan makanan olahan," kata ahli gizi Sarah Pflugradt.

Garam digunakan sebagai pengawet yang membantu memperpanjang masa simpan makanan. Garam juga menambah rasa, sehingga produsen menambahkannya ke hampir semua makanan olahan.

2. Pilih Makanan Rendah Garam

Jika dirasa sulit untuk mengurangi menambahkan garam ke dalam masakan, pilih makanan yang sifatnya rendah garam. Saat membeli makanan perhatikan label kemasan dan keterangan informasi nutrisi yang tercetak.

Label "rendah natrium" berarti bahwa makanan mengandung 140 miligram natrium atau kurang per 100 gram. Sedangkan label "natrium sangat rendah" berarti bahwa makanan mengandung 35 miligram atau kurang dari natrium per 100 gram. Keduanya adalah pilihan yang bagus untuk mengurangi asupan garam secara keseluruhan.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mudah Kurangi Asupan Garam

3. Hindari Garam Meja

Cara mengurangi konsumsi garam lainnya adalah dengan membatasi penambahan garam ketika makan. Pflugradt merekomendasikan untuk menyingkirkan garam meja dari meja makan di rumah.

"Jika tidak menambahkan garam ke makanan, maka kamu tidak akan menambahkan natrium ekstra ke dalam makanan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ini Cara Membuat Garam Tradisional di NTT"
[Gambas:Video 20detik]