Kalau Kurangi Asupan Garam, Anda Akan Dapat 7 Manfaat Menyehatkan Ini

Sonia Permata - detikFood Jumat, 06 Okt 2017 10:01 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Ada banyak manfaat sehat jika kita tidak kurangi asupan garam. Dari turunkan tekanan darah hingga mencegah penyakit stroke.

Seringkali kita tidak sadar seberapa banyak asupan garam dalam tubuh. Jika garam dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya.

Untuk memulai gaya hidup sehat, sebaiknya Anda mulai mencermati asupan garam harian. Banyak sekali manfaat sehat jika mengurangi asupan garam, seperti yang dilansir dari Boldsky (10/17).

Baca Juga: Remaja yang Konsumsi Banyak Garam Mudah Terserang Stroke Saat Dewasa

Kalau Kurangi Asupan Garam, Anda Akan Dapat 7 Manfaat Menyehatkan IniFoto: iStock/Istimewa


1. Menurunkan berat badan
Mengurangi asupan garam, atau tidak mengonsumsi garam sama sekali telah terbukti menjadi diet yang paling ampuh dalam mengurangi berat badan secara alami. Selain baik untuk kesehatan, tidak mengonsumsi garam dapat menumpas lemak lebih cepat, sehingga menurunkan bobot tubuh Anda secara drastis.

2. Melindungi tubuh dari penyakit
Dengan mengurangi asupan garam daya tahan tubuh terhadap penyakit makin baik. Salah satu penyakit kanker. Para ahli menyatakan bahwa makanan yang mengandung banyak garam dapat memicu timbulnya berbagai penyakit serius seperti kanker perut, penyakit ginjal, dan gangguan usus lainnya.

3. Terhindar dari stroke
Tidak mengonsumsi garam juga membuat terhindar dari penyakit stroke. Alasan utama seseorang terkena stroke, adalah karena tingginya jumlah garam dalam tubuh yang meningkatkan tekanan darah. Bila Anda menghindari garam dalam makanan, kadar darah akan tetap normal, dan membuat otak tetap aktif.

Kalau Kurangi Asupan Garam, Anda Akan Dapat 7 Manfaat Menyehatkan IniFoto: iStock


4. Menjaga kesehatan tulang
Terlalu banyak mengasup garam akan menghancurkan kalsium pada tulang yang bisa mmeicu osteoporosis. Karena itu mengurangi asupan garam bisa membantu Anda untuk hidup lebih lama, khususnya bagi Anda yang telah berusia lanjut.

5. Memelihara ginjal
Jika Anda mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi, ini akan meningkatkan tekanan dan kerja ginjal mengolah kalsium yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Untuk menghindarinya, cobalah kurangi asupan garam selama seminggu.

Kalau Kurangi Asupan Garam, Anda Akan Dapat 7 Manfaat Menyehatkan IniFoto: iStock


6. Menambah energi
Meski terdengar cukup aneh, tapi nyatanya tidak mengonsumsi garam justru akan membantu membuat Anda merasa lebih aktif dan energik.

7. Menurunkan tekanan darah
Hipertensi bisa terjadi karena tingginya asupan garam dalam tubuh. Dengan tidak mengonsumsinya, ini membantu menjaga tekanan darah Anda tetap stabil, dan juga mengurangi otot tubuh.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com