Ini 5 Cara Mudah Kurangi Asupan Garam

Monika Perangin - detikFood Jumat, 06 Nov 2020 12:00 WIB
White bath salt in a wooden bowl with a spoon on a wooden table Foto: Getty Images/iStockphoto/Bborriss
Jakarta -

Garam merupakan bumbu dapur yang memberi rasa asin. Tetapi asupannya perlu dikontrol. Dengan 5 cara ini kamu bisa kurangi asupan garam.

Garam adalah mineral yang terutama terdiri dari sodium klorida. Jika tidak dikonsumsi dengan takaran tepat bisa menggangu kesehatan. Oleh karena itu, jumlah dan kualitas garam yang tepat sangat penting untuk kesehatan.

Garam yang dikonsumsi harian ada yang berupa garam meja yang halus teksturnya dan diperkaya dengan yodium. Ada juga garam kasar atau garam laut yang masih mengandung mineral.

Tubuh manusia yang sehat membutuhkan sekitar 8 gram garam atau 11/2 sendok teh dalam sehari. Menurut WHO, batas maksimal asupan garam dalam satu hari adalah 6 gram.

Tetapi pada kenyataannya banyak orang dengan asupan beragam makanan olahan bisa mengonsumsi garam lebih dari 10 gram sehari. Hal ini bisa memicu munculnya penyakit kronis seperti hipertensi dan ginjal.

Agar tubuh teap sehat maka asupan garam bisa dikontrol. Menurut rekomendasi ndtv (1/11) 5 cara mudah ini bisa dipraktekkan untuk kurangi asupan garam.

1. Hindari makanan olahan

makanan olahan sebabkan hipertensimakanan olahan Foto: Site

Kita seringkali membeli makanan kemasan karena praktis. Makanan ini biasanya dibeli karena impulsif sehingga tak cermat membaca kandungan garamnya yang tertera pada kemasan.

Makanan ini selalu terasa enak karena mengandung kadar garam yang tinggi. Gurih dan renyah sehingga sulit berhenti. Hindari membeli makanan kemasan, ganti ngemil keripik dengan makan buah atau kacang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]