ADVERTISEMENT

5 Efek Samping Kebanyakan Minum Kopi Bagi Kesehatan

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 12 Jan 2021 05:00 WIB
5 Efek Samping Ini Bisa Terjadi Jika Kebanyakan Ngopi
Foto: Getty Images/iStockphoto


3. Kafein dan Anjuran Ngopi

5 Efek Samping Ini Bisa Terjadi Jika Kebanyakan Ngopi5 Efek Samping Ini Bisa Terjadi Jika Kebanyakan Ngopi Foto: Getty Images/iStockphoto

"Kopi masih memiliki risiko potensial untuk kesehatan, kebanyakan karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Sebagai contoh, kafein bisa menyebabkan tingginya tekanan darah," ungkap ahli kesehatan Donald Hensrud M.D dari Amerika.

Menurut situs Biycycling, dalam satu cangkir kopi saja (250 ml) rata-rata bisa mengandung 75 mg kafein.

Untuk hubungan konsumsi kopi dan GERD. Semuanya masih berkaitan dengan kafein yang dapat melemahkan katup (valve) di kerongkongan (esofagus). Hal ini mencegah refluks asam dari bagian lambung.

"Bagi penggemar berat kopi sebaiknya mulai mengubah kebiasaan ini. Salah satunya dengan membatasi asupan kopi, tak lebih dari dua cangkir dalam sehari. Berlaku juga untuk teh dan soda," Raaj S. Mehta, MD, selaku salah satu peneliti di jurnal ini.


4. Sebabkan Kolesterol Tinggi

5 Efek Samping Ini Bisa Terjadi Jika Kebanyakan Ngopi5 Efek Samping Ini Bisa Terjadi Jika Kebanyakan Ngopi Foto: Getty Images/iStockphoto

Bagi orang-orang yang cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, asupan kopi seharusnya dibatasi. Menurut situs The Healthy, kopi bisa meningkatkan kadar kolesterol

Kopi mengandung cafestol dan kahweol, sejenis minyak yang meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jadi banyak para ahli yang menyarankan bahwa kopi yang tidak disaring, bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Sebaliknya, kopi yang sudah disaring relatif lebih aman. Beberapa ahli bahkan menganjurkan kopi instan yang berkualitas, hingga espresso bagi penggemar kopi yang punya masalah dengan kolesterol.



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT