ADVERTISEMENT

7 Cara Minum Kopi yang Benar, Cocok untuk Turunkan Berat Badan!

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 16 Des 2020 07:00 WIB
Banyak Kopi yang Diminum Tak Pengaruhi Kinerja Kafein Dalam Tubuh
Foto: iStock

3. Gunakan Pemanis Alami

Beberapa jenis pemanis seperti madu atau sirup maple akan lebih baik karena terbuat dari bahan alami. Tetapi konsumsi semua pemanis tetap perlu diperhatikan. Madu dan sirup maple mengandung antioksidan serta probiotik yang baik untuk usus jika dikonsumsi dalam batas yang aman.

"Pemanis natural lebih enak karena mereka diproses dengan rendah gula yang lebih menguntungkan dan rendah kalori," kata Sobel.

4. Pilih Kopi Alami

kulit biji kopiFoto: iStock

Dibanding menambahkan perasa dan pemanis tambahan, coba pilih rasa alami yang dihasilkan biji kopi. Pohon kopi ditanam bersamaan dengan pohon lain yang memungkinkan biji kopi akan menyerap rasa dari tanaman di sekitarnya.

Rasa alami yang ada pada biji kopi akan jauh lebih sehat dan rendah kalori dibanding perasa tambahan. Memberikan rasa pada kopi bisa juga dengan menambahkan 1/2 sendok teh biji kakao pada 250 gram biji kopi yang akan dihaluskan.

5. Perhatikan Makanan Pendamping

Cara minum kopi yang benar selanjutnya adalah memperhatikan makanan pendamping saat minum kopi. Pilih makanan yang lebih sehat seperti blueberry, kacang almond, atau oatmeal instan.

"Orang biasanya minum kopi dengan kue kering. Itu sebenarnya bisa menambah kalori, tetapi tidak masalah jika sesekali. Hindari kebiasan tersebut untuk dilakukan dalam intensitas yang sering," kata Sobel.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT