Mengenal Pescatarian, Diet Seafood untuk Menurunkan Berat Badan

Riska Fitria - detikFood Selasa, 12 Jan 2021 08:00 WIB
Mengenal Pescatarian, Diet Seafood untuk Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

3. Tips Melakukan Diet Pescatarian

Mengenal Pescatarian, Diet Seafood untuk Menurunkan Berat BadanMengenal Pescatarian, Diet Seafood untuk Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

Selain memilih jenis-jenis makanan yang telah ditentukan, metode memasak juga penting. Hindari memasak dengan cara digoreng. Sebagai gantinya, kamu bisa memasak dengan cara memanggang, mengukus atau menumis yang lebih rendah lemak.

Kemudian perhatian juga seafood yang dibeli. Pastikan menyimpan dengan benar agar menjaga kesegarannya. Seafood kalengan atau kemasan agaknya bisa dipilih untuk persediaan di rumah.

Perlu diketahui bahwa diet pescatarian aman untuk dilakukan oleh seseorang dengan kondisi kesehatan seperti mengidap diabetes, penyakit celiac hingga penyakit jantung, lapor Verrywellfit (16/12/20)

Namun, kembali lagi untuk selalu berkonsultasi sebelum melakukan diet jenis ini. Terutama bagi orang yang mengidap penyakit seperti yang disebutkan agar bisa mendapatkan campuran nutrisi yang tepat.

4. Kelebihan Diet Pescatarian

Mengenal Pescatarian, Diet Seafood untuk Menurunkan Berat BadanMengenal Pescatarian, Diet Seafood untuk Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

Diet pescatarian memiliki banyak kelebihan, baik untuk kesehatan tubuh atau untuk lingkungan. Bagi kesehatan tubuh, jenis diet ini mengurangi risiko obesitas dan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang mengubah pola makan nabati dapat memperoleh berat badan paling sedikit. Hal ini mengurangi bahwa mengonsumsi hewani mungkin baik untuk kesehatan.

Sementara untuk masalah lingkungan, jenis diet ini baik karena memelihara ternak menimbulkan biaya lingkungan yang tinggi. Menurut PBB, beternak dapat menyumbang 16% dari semua emisi karbon buatan manusia.

Ada juga kelebihan pada segi etis yang menjadi alasan mengapa orang memilih menjadi vegetarian dan menjalani diet ini. Hal tersebut berkaitan dengan pembantaian pada hewan-hewan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com