7 Manfaat Jeruk Nipis dan Kandungan Gizinya

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Jan 2021 07:00 WIB
Jeruk nipis Foto: Istimewa
Jakarta -

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan cukup banyak. Karena dalam satu buah jeruk nipis mengandung 20 kkal, 1 mg sodium, 7 gram karbohidrat, 1,9 gram serat dan 22 persen dari kebutuhan harian vitamin C dapat terpenuhi.

Memiliki rasa yang asam, jeruk nipis juga enak dinikmati menjadi minuman segar yang tinggi kandungan vitamin C.

Berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan:

1. Antioksidan


Antioksidan adalah senyawa penting yang melindungi sel dari molekul yang disebut radikal bebas. Dalam jumlah tinggi, radikal bebas. Dalam jumlah tinggi, radikal bebas dapat merusak sel tubuh dan kerusakan ini dikaitkan dengan kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan berbagai jenis kanker.

Jeruk nipis juga mengandung senyawa aktif tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh termasuk flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin dan asam askorbat.

berkebun di rumahberkebun di rumah Foto: Getty Images/fotografixx


2. Meningkatkan kekebalan tubuh


Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam studi tabung reaksi, vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi dan penyakit.

Dalam penelitian pada manusia, mengonsumsi vitamin C dapat membantu mempersingkat durasi dan keparahan flu.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat dengan mengurangi peradangan dan merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein penting yang membantu memperbaiki luka.

3. Tingkatkan kesehatan kulit


Jeruk nipis memiliki beberapa khasiat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Mereka tinggi vitamin C yang diperlukan untuk membuat kolagen, protein yang membuat kulit Anda kencang dan kuat.

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung antioksidan yang dapat membantu memerangi perubahan kulit terkait usia.

4. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Vitamin C juga dapat melindungi dari aterosklerosis, penyakit di mana plak menumpuk di arteri Anda, membuatnya terlalu sempit.

Cut limes and knife on wooden board, close-upCut limes and knife on wooden board, close-up Foto: Thinkstock

5. Mencegah batu ginjal


Batu ginjal adalah kristal mineral kecil yang seringkali menyakitkan untuk dikeluarkan. Mereka dapat terbentuk di dalam ginjal ketika urin sangat pekat atau saat memiliki kadar mineral pembentuk batu yang tinggi seperti kalsium dalam urin Anda.

Buah jeruk seperti jeruk nipis mengandung asam sitrat tinggi yang dapat mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin.

6. Meningkatkan penyerapan zat besi


Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Anda. Kadar zat besi yang rendah dalam darah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

Tanda-tanda anemia defisiensi zat besi termasuk kelelahan, kesulitan bernapas saat berolahraga, pucat, dan kulit kepala kering.

Makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk nipis dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

7. Menurunkan risiko kanker


Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak normal. Buah jeruk nipis memiliki senyawa yang dikaitkan dengan risiko kanker tertentu yang lebih rendah.

Secara khusus, flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan dapat membantu menghentikan ekspresi gen yang mendorong perkembangan kanker.

Selain itu manfaat jeruk nipis juga dapat membantu tubuh tetap bugar dan juga fit.



Simak Video "Bikin Jantung Sehat, Buat Manisan dari Terong Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com