7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 09 Jan 2021 06:00 WIB
7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya Foto: Getty Images/iStockphoto/JulijaDmitrijeva

6. Stevia Lebih Sehat

Gula sering dianggap sebagai asupan yang berbahaya dan selalu dihindari dengan alasan kesehatan. Peningkatan permintaan pemanis rendah kalori, karbohidrat dan makanan bebas gula membuat penciptaan gula non-nutritive seperti Stevia.

Pemanis non-nutritive menjadi refleksi kesalahpahaman untuk menjadi kurus dan langsing. Penelitian menunjukan konsumsi rutin pemanis buatan ini justru meningkatkan efek buruk bagi kesehatan.

7. Diet Rendah Kalori Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan

7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya Foto: Getty Images/iStockphoto/JulijaDmitrijeva

Mengurangi kalori memang bisa membantu menurunkan berat badan, tetapi memangkas kalori terlalu banyak malah tidak efektif untuk menurunkan berat badan. Mitos inipun sebaiknya tidak lagi dipercaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengurangi kalori terlalu banyak akan menimbulkan masalah pada metabolisme dan konsekuensi kesehatan jangka panjang. Menurunkan berat badan terlalu cepat akan berdampak pada reduksi metabolisme, peningkatan rasa lapar dan lebih sulit untuk menjaga berat badan.

Baca Juga: Menurut Ahli Gizi, Ini 5 Mitos Soal Makanan yang Tak Perlu Dipercaya Lagi

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com