7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 09 Jan 2021 06:00 WIB
7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya Foto: Getty Images/iStockphoto/JulijaDmitrijeva
Jakarta -

Banyak mitos yang beredar terkait nutrisi dan pola diet. Mitos-mitos ini masih banyak dipercaya padahal tidak benar.

Makanan menjadi sumber utama bahan bakar tubuh yang dibutuhkan untuk memproduksi energi. Ada banyak kepercayaan yang beredar di masyarakat terkait makanan.

Beberapa kepercayaan bahkan sudah menjadi pedoman yang dipatuhi secara umum terkait apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pada makanan. Tetapi banyak juga pendapat-pendapat yang berbeda terkait beberapa mitos makanan.

Misalnya harus menghindari semua jenis lemak yang ada pada makanan agar tidak gemuk atau harus menghindari sama sekali asupan karbohidrat jika ingin menurunkan berat badan. Beberapa kepercayaan ini ternyata merupakan mitos keliru yang beredar di masyarakat.

Mengutip dari Boldsky (1/1), berikut ini 7 mitos soal diet dan nutrisi yang masih dipercaya banyak orang:

1. Makanan Berlemak Tidak Sehat

7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya Foto: Getty Images/iStockphoto/JulijaDmitrijeva

Mitos makanan yang banyak dipercaya adalah semua makanan berlemak tidak sehat. Lemak disebut buruk dan bisa memicu penyakit.

Faktanya, beberapa jenis lemak justru dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik. Lemak baik seperti yang terdapat pada alpukat, chia seeds, dark chocolate, telur ikan, dan lainnya justru dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan jantung.

2. Makanan Rendah Lemak Lebih Sehat

Mitos lain yang begitu populer adalah makanan rendah lemak selalu dianggap lebih sehat. Bahkan banyak produsen makanan yang mengiklankan produknya dengan embel-embel rendah lemak.

Menurut penelitian, makanan rendah lemak justru mengandung gula dan garam yang lebih tinggi dibadningkan makanan dengan kandungan lemak yang normal. Kandungan gula dan garam yang tinggi justru akan lebih berbahaya dibandingkan lemak.

Baca Juga: 5 Mitos Keliru Seputar Nutrisi Makanan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com