Manfaat 5 Cangkir Teh per Hari Bagi Kesehatan Otak Lansia

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 06 Jan 2021 05:00 WIB
Manfaat 5 Cangkir Teh untuk Kesehatan Otak Lansia Foto: iStock
Jakarta -

Ada penelitian terbaru yang menyatakan kalau minum 5 cangkir teh per hari bermanfaat bagi kesehatan otak lansia. Begini penjelasannya menurut ahli!

Teh adalah minuman yang banyak dikonsumsi karena manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Biasanya teh diminum untuk meredakan gejala flu dan membantu pikiran jadi rileks.

Lebih dari itu, ternyata teh bermanfaat untuk kesehatan lansia, terutama untuk kesehatan otak mereka. Dilansir dari Standard UK (31/1), ada penelitian terbaru tentang minum 5 cangkir teh per hari yang terbukti menyehatkan untuk para lansia.

Penelitian ini dilakukan pada 85 partisipan yang minum 5 cangkir teh per hari. Hasil penelitian itu menunjukkan para lansia bisa lebih fokus dan konsentrasi.

Manfaat 5 Cangkir Teh untuk Kesehatan Otak LansiaManfaat 5 Cangkir Teh untuk Kesehatan Otak Lansia Foto: iStock

Baca Juga: Minumlah Teh di Pagi Hari dan Dapatkan 7 Manfaat Sehat Ini

Penelitian lain dilakukan oleh Newcastle University, mereka menemukan kalau peminum teh menunjukkan keterampilan psikomotorik yang lebih baik.

Mereka bisa menghubungkan otak dan gerakan dengan lebih baik. Ditambah kecepatan reaksi yang lebih baik dan membantu mereka dalam beraktivitas. Seperti mengemudi, menjahit, dan lainnya.

Dr. Edward Okello dari Pusat Penelitian Nutrisi Manusia di Newcastle University juga menambahkan kalau dalam penelitian itu tak hanya teh saja yang bekerja. Tapi, ada rutinitas seperti membuat teh atau mengobrol yang dilakukan para lansia.

Penelitian ini dilakukan sejak tahun 2006 hingga sekarang. Sekitar 1.000 partisipan lansia yang usianya di atas 85 tahun mengonsumsi 5 cangkir atau lebih teh setiap harinya. Teh yang dikonsumsi adalah teh hitam.

Manfaat 5 Cangkir Teh untuk Kesehatan Otak LansiaManfaat 5 Cangkir Teh untuk Kesehatan Otak Lansia Foto: iStock

Mereka mengonsumsi teh itu dengan atau tanpa susu. Hasilnya para lansia tampil lebih baik pada tes kognitif tertentu. Hasil dari penelitian ini didapatkan lewat kuesioner, tes fungsi, tes darah, dan pengukuran lainnya.

Lewat penelitian ini, para peneliti menyarankan untuk memberikan para lansia teh hitam. Karena bisa meningkatkan fokus dan kecepatan psikomotorik.

"Kami sekarang tahu bahwa menikmati secangkir teh bisa melepas dahaga, dan sangat bermanfaat untuk membantu fokus lansia di usia 85 tahunan," ujar Dr Okello.

Selain manfaat teh bagi kesehatan otak, teh juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Para pelaku diet juga banyak mengonsumsinya untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Diet, Begini Aturan Minumnya



Simak Video "Perjalanan Mencari Teh Osreng, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com