Hindari Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Lebih Cepat Kurus

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 06 Jan 2021 10:00 WIB
Hindari Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Lebih Cepat Kurus Foto: Getty Images/iStockphoto/vasiliybudarin
Jakarta -

Beberapa makanan ini harus dihindari kalau kamu mau cepat kurus. Ada makanan cepat saji hingga roti yang bisa menambah lemak perut.

Beberapa bagian tubuh akan menyimpan lemak yang berasal dari asupan makanan. Biasanya, bagian tubuh ini akan terlihat membesar atau lebih cepat membesar ukurannya.

Bagian tubuh yang menyimpan lemak antara lain lengan, perut, paha, pipi dan lainnya. Tempat menyimpan lemak ini berbeda-beda pada tiap orang.

Perut selain menjadi tempat menyimpan lemak, juga menjadi bagian tubuh yang rentan terhadap asupan makanan. Perut bisa mengalami kondisi kembung, buncit hingga penumpukan lemak berlebih.

Dilansir dari Eat This, Not That! (23/10), beberapa makanan bisa menyebabkan perut membuncit. Berikut ini 7 makanan yang harus dihindari supaya kamu cepat kurus:

1. Popcorn

Hindari Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Lebih Cepat KurusHindari Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Lebih Cepat Kurus Foto: Getty Images/iStockphoto/vasiliybudarin

Popcorn mengandung lemak trans yang sangat berbahaya bagi tubuh terutama jantung. Popcorn kemasan yang cara membuatnya hanya tinggal dipanaskan dengan microwave bahkan disebut lebih berbahaya karena mengandung lebih banyak lemak trans.

Menurut FDA pada tahun 2018, sebagian minyak terhidrasi menjadi sumber utama penghasil lemak trans. Hingga saat ini, semakin banyak makanan yang ditemukan memiliki kandungan minyak ini dan sangat berbahaya bagi tubuh. Terutama popcorn kemasan.

2. Kue dan pastry siap olah

Kue dan pastry kemasan siap olah memang lebih praktis dan rasanya enak. Misalnya kue muffin di toko kue, donat, dan berbagai varian pastry lainnya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa saat mengonsumsi produk ini dengan kandungan lemak trans yang tinggi, maka kamu akan mudah menambah berat badan. Terutama pada wanita dewasa yang telah mengalami menopause.

Baca Juga: Pola Diet Unik 5 Wanita dengan Pinggang Terkecil di Dunia

3. Makanan Cepat Saji

Hindari Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Lebih Cepat KurusHindari Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Lebih Cepat Kurus Foto: Getty Images/iStockphoto/vasiliybudarin

Penelitian menunjukkan bahwa minyak jagung mengandung lebih banyak lemak trans daripada minyak nabati lainnya. Pada tahun 2010, sebagian besar makanan cepat saji ditemukan menggunakan minyak jagung dalam pembuatan kentang goreng mereka.

Jika berkunjung ke restoran makanan cepat saji, lebih baik pilih menu salad dibandingkan dengan kentang goreng atau hidangan lainnya yang digoreng. Lemak trans dari makanan yang digoreng dapat menyebabkan penumpukan lemak dan menambah ukuran lingkar pinggang.

4. Soda

"Sebuah penelitian yang dipublikasi pada jurnal Sirkulasi, mengevaluasi lebih dari 1.000 orang dewasa dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman dengan gula tambahan mengalami peningkatan lemak abdominal lebih tinggi," kata Manaker.

Efek gula tambahan dalam soda juga ditemukan pada 750 orang dewasa yang mengalami penambahan lingkar pinggang. Lebih parahnya, diet soda justru menghasilkan penambahan lingkar pinggang 3 kali lipat lebih banyak dari soda biasa.

5. Kopi

Hindari Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Lebih Cepat KurusHindari Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Lebih Cepat Kurus Foto: Getty Images/iStockphoto/vasiliybudarin

Saat ingin mulai mengurangi konsumsi minuman manis, perhatikan juga asupan kopi yang kamu minum. Beberapa kopi di kedai kopi juga mengandung gula dan pemanis yang terlalu banyak. Gula dan pemanis dalam kopi juga termasuk menjadi sumber kalori dan lemak tambahan yang akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

"Data menunjukkan bahwa minuman dengan gula pemanis memiliki kaitannya dengan penambahan lemak abdominal," kata Manaker.

6. Daging Olahan

Hasil penelitian menunjukan bahwa daging olahan seperti pepperoni, sosis dan bacon dapat menimbulkan masalah pada kesehatan. Bukan hanya meningkatkan risiko kanker usus besar, konsumsinya juga dapat menambah ukuran lingkar pinggang.

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan tinggi daging olahan dapat menambah ukuran lingkar pinggang. Protein memang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Tetapi protein yang berasal dari daging olahan justru memberikan pengaruh buruk pada kesehatan.

7. Roti Putih

Hindari Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Lebih Cepat KurusHindari Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Lebih Cepat Kurus Foto: Getty Images/iStockphoto/vasiliybudarin

Roti putih merupakan roti yang pembuatannya berasal dari tepung terigu. Roti putih ini tidak memiliki serat dan nutrisi sebanyak roti yang terbuat dari gandum utuh.

Penelitian besar-besaran yang dilakukan pada lebih dari 2.800 orang dewasa menemukan bahwa semakin banyak konsumsi biji olahan, seperti roti putih, dikaitkan dengan semakin tinggi juga peningkatan lemak di perut.

Baca Juga: Celana Jeans Sudah Tak Muat? Yuk Langsingkan Pinggang dengan 5 Makanan Ini

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com