9 Manfaat Sehat Jus Jeruk Jika Rutin Diminum Tiap Pagi

Odilia WS - detikFood Rabu, 06 Jan 2021 07:00 WIB
Manfaat Jus Jeruk Foto: iStock

4. Melindungi sistem kardiovaskular

Selain serat dan vitamin C jeruk juga mengandung vitamin B9 dan folat. Kedua nutrisi ini bisa memperlancar sirkulasi darah dan merangsang produksi sel darah merah.

Konsumsi dua cangkir (500 ml) 100% jus jeruk murni tiap hari dalam sebulan bisa menurunkan tekanan darah dan memperbaiki lapisan dalam pembuluh darah. Hesperidin, salah satu flavonoid yang ada dalam jeruk bisa menjaga oksigen dalam darah.


5. Mencegah penyakit ginjal

Kandungan kalsium dan potassium dama jeruk bisa membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Batu ini muncul ketika partikel oksalat menempel pada partike kalsium.

Hal ini karena ketidakseimbangan kadar oksalat dan kalsium. Dengan asupan kalsium yang cukup bisa membantu mempertahan pembentukan oksalat pada ginjal yang bisa cegah batu ginjal.

herba dan turunkan berat badan9 Manfaat Sehat Jus Jeruk Jika Rutin Diminum Tiap Pagi. Foto: iStock


6. Membantu menurunkan berat badan

Jus jeruk murni juga populer sebagai minuman dalam program penurunan berat badan. Hal ini karena sejumlah nutrisi jeruk. Jus jeruk rasanya manis tetapi punya indeks glikemik yang rendah dan tak mengandung lemak.

Karenanya cocok dinikmati sebagai asupan rendah gula. Tetapi ahli gizi menyarankan untuk makan jeruk utuh bukan hanya jusnya saja. Karena proses membuat jus menghilangkan sejumlah kandungan seratnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kikugawa, Resto Legendaris dengan Rasa Autentik Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com