7 Gejala Tubuh Ketika Tidak Bisa Mencerna Gula dengan Baik

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 05 Jan 2021 08:00 WIB
7 Gejala Tubuh Ketika Tidak Bisa Mencerna Gula dengan Baik Foto: Getty Images/iStockphoto/digitalskillet

6. Mengantuk Setelah Makan

Jika merasa ngantuk setelah makan makanan penuh karbohidrat, ini mungkin gejala lain bahwa tubuh tidak menerima karbohidrat dengan baik. Tubuh akan bekerja sangat keras dalam mencerna karbohidrat yang sulit diterima dengan baik dan menyebabkan kelelahan berlebih.

Selain itu, rasa mengantuk setelah makan juga mungkin dikombinasikan dengan gejala seperti rasa lemas, kelelahan, perubahan suasana hati, atau bahkan sakit kepala. Maka harus berhati-hati ketika merasakan gejala tersebut setelah mengonsumsi karbohidrat atau gula.

7. Merasa Cemas

7 Gejala Tubuh Ketika Tidak Bisa Mencerna Gula dengan Baik7 Gejala Tubuh Ketika Tidak Bisa Mencerna Gula dengan Baik Foto: Getty Images/iStockphoto/digitalskillet

Secara umum, mengkonsumsi produk tinggi gula dapat dikaitkan dengan timbulnya stres. Namun, kamu mungkin mulai merasa cemas bahkan jika makan sedikit gula karena tubuh memiliki masalah saat mencernanya.

Sebenarnya, untuk mengetahui tubuh intoleran terhadap sukrosa atau tidak bisa dengan tes sederhana yang dilakukan di rumah. Pertama, larutkan 4 sendok makan gula putih dalam 118 ml air dan kemudian minum campuran itu dalam kondisi perut kosong. Jika setelah 4 jam gejala seperti kembung, gas, dan diare terjadi, ini mungkin merupakan tanda intoleransi gula.

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Penyakit Intoleransi pada Makanan Ini

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com