3 Cara Mudah Mengendalikan Kadar Kolesterol Lewat Makanan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 03 Jan 2021 06:00 WIB
3 Cara Mudah Mengendalikan Kadar Kolesterol Lewat Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/anilakkus
Jakarta -

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa memicu beragam penyakit. Ada cara mudah mengendalikan kadar kolesterol lewat makanan yang bisa kamu praktikkan.

Diabetes merupakan penyakit yang diderita sebagian besar orang dewasa. Diabetes cukup berbahaya karena bisa menimbulkan banyak penyakit bawaan yang diawali dengan penyakit ini lebih dulu.

Diabetes merupakan sekumpulan penyakit yang akan timbul ketika kadar gula dalam darah meningkat. Diabetes termasuk kategori penyakit kronis yang akan berdampak pada penurunan kinerja tubuh dalam mengolah makanan menjadi energi.

Salah satu penyebab utama diabetes adalah kadar kolesterol jahat yang tinggi dan tidak terkendali di dalam tubuh. Kolesterol dihasilkan secara alami oleh tubuh.

Kolesterol itu sendiri sebenarnya memiliki fungsi untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D dan hormon-hormon yang dibutuhkan, membangun sel-sel tubuh juga membantu sistem pencernaan. Kolesterol ada dua jenis yaitu LDL dan HDL.

3 Cara Mudah Mengendalikan Kadar Kolesterol Lewat Makanan3 Cara Mudah Mengendalikan Kadar Kolesterol Lewat Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/anilakkus

"Kolesterol baik atau HDL membawa jenis kolesterol lain ke liver di mana ia akan segera dikeluarkan melalui aliran darah sebelum nutrisi masuk dan diserap di arteri," kata Kate Save kepada Body+Soul (8/12).

HDL mudah dikeluarkan oleh darah sehingga risiko penumpukan HDL pada aliran darah begitu kecil. Sebaliknya, hal berbeda terjadi pada LDL atau kolesterol jahat.

"Kolesterol yang buruk atau LDL mengangkut kolesterol lain ke arteri di mana ia mungkin menumpuk di dinding arteri, menyebabkan arteri menjadi kaku dan sempit," lanjut Save.

Kolesterol LDL yang berlebih dalam aliran darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Karenanya sangat penting menghindari terjadinya penumpukan kolesterol jahat untuk mencegah risiko-risiko penyakit kronis yang mungkin saja dibawa oleh kolesterol tersebut.

Secara natural, kolesterol sebenarnya bisa diatur melalui pola makan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah penumpukan kolesterol dalam darah.

Baca Juga: 10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol yang Tidak Sulit Didapat

Berikut cara mudah mengendalikan kadar kolesterol dalam darah:

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com