Hati-hati! 5 Kebiasaan Minum Ini Bikin Berat Badan Sulit Turun

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 02 Jan 2021 06:00 WIB
Kebiasaan Minum Ini Bikin Berat Badan Sulit Turun Foto: iStock
Jakarta -

Menurunkan berat badan bukan hanya membatasi asupan makanan. Memiliki 5 kebiasaan minum ini juga bisa bikin berat badan sulit turun.

Kalori menjadi musuh utama untuk menurunkan berat badan. Sirup, gula, atau pemanis buatan adalah bahan-bahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sama sekali.

Kalori ternyata tidak hanya ditemukan pada makanan, beberapa minuman juga mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi sehingga bisa menghambat penurunan berat badan.

Jika ingin menurunkan berat badan atau setidaknya mencoba makan makanan sehat, lebih baik selalu perhatikan komposisi pada makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Ingat selalu batas harian konsumsi kalori dan gula sehingga penurunan berat badan akan berhasil.

Dilansir dari Livestrong (21/12), berikut 5 kebiasaan minum yang bikin berat badan sulit turun:

1. Konsumsi Soda Diet

Kebiasaan Minum Ini Bikin Berat Badan Sulit TurunKebiasaan Minum Ini Bikin Berat Badan Sulit Turun Foto: iStock

Soda diet dipromosikan sebagai minuman rendah kalori atau bahkan bebas kalori. Namun, bukan berarti minuman ini bisa disebut minuman sehat.

Pada penelitian tahun 2013 tentang Endokrinologi dan Metabolisme, peneliti mengungkap bahwa orang yang secara rutin mengonsumsi pemanis buatan memiliki peningkatan risiko kelebihan berat badan, sindrom metabolik, diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

"Walaupun tidak ada kalori dalam soda diet, penelitian menemukan hubungannya dengan kenaikan berat badan secara berlebih. Coba pilih teh panas atau dingin tanpa pemanis," kata ahli gizi DJ Blatner.

Baca Juga: 9 Cara Turunkan Berat Badan yang Didukung Riset Ilmiah

2. Minum Jus Setiap Hari

Kebiasaan Minum Ini Bikin Berat Badan Sulit TurunKebiasaan Minum Ini Bikin Berat Badan Sulit Turun Foto: iStock

Jus memang dapat memberikan nutrisi bagi tubuh. Tetapi jus akan berbahaya jika dipilih untuk menggantikan makanan utama yang dibutuhkan oleh tubuh.

Serat pada jus memang bisa membuat kenyang, tetapi secangkir jus tidak memiliki protein cukup yang dibutuhkan tubuh. Terlebih jika mengonsumsi jus kemasan, akan ada banyak gula didalamnya yang masuk ke tubuh. Alih-alih turun, berat badan malah bisa naik!

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com