9 Cara Turunkan Berat Badan yang Didukung Riset Ilmiah

Diah Afrilian - detikFood Senin, 21 Des 2020 08:00 WIB
diet Foto: shutterstock
Jakarta -

Banyak cara untuk turunkan berat badan. Ada beberapa cara yang terbukti efektif dan didukung riset ilmiah. Patut dicoba!

Berat badan seringkali menjadi masalah bagi banyak orang terutama wanita yang sangat memerhatikan penampilannya. Badan yang ideal menjadi dambaan para kaum hawa.

Banyak cara untuk menurunkan berat badan. Mulai dari olahraga, mengubah pola makan, melalui suplemen bahkan yang paling ekstrem adalah dengan cara operasi sedot lemak. Dibutuhkan usaha dan komitmen yang sangat kuat jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Meskipun melalui diet, suplemen, dan rencana penggantian pola makan untuk memastikan penurunan berat badan yang cepat, sebagian besar cara ini tidak memiliki bukti ilmiah. Ada beberapa strategi yang telah terbukti secara ilmiah yang memang berdampak pada pengelolaan berat badan.


Berikut ini 9 langkah yang telah terbukti ilmiah bisa menurunkan berat badan dilansir dari Medical News Today :

1. Puasa Intermittent

Intermittent fasting (IF) atau puasa intermittent merupakan pengaturan pola makan dengan puasa jangka pendek dan membatasi konsumsi makanan dalam waktu yang singkat di siang hari. Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa melakukan IF setidaknya selama 24 minggu dapat mengurangi berat tubuh secara efektif.

Ada 3 metode yang bisa dilakukan untuk menjalani IF seperti Alternate Day Fasting (ADF) yang berpuasa setiap hari dan hanya mengonsumsi makanan 25-30 persen dari kebutuhan energi tubuh. Ada juga metode diet 5:2 yang berpuasa pada 2 dari setiap 7 hari dan hanya makan 500-600 kalori. Lainnya ada metode 16/8 yang berpuasa selama 16 jam dan hanya makan selama 8 jam.

2. Memantau Pola Makan dan Olahraga

trik makan dengan porsi kecil9 Cara Turunkan Berat Badan yang Didukung Riset Ilmiah Foto: iStock

Para peneliti memperkirakan akan ada 3,7 miliar unduhan aplikasi kesehatan. Dari jumlah tersebut, aplikasi untuk diet, aktivitas fisik, dan penurunan berat badan adalah salah satu yang paling populer.

Melacak aktivitas fisik dan kemajuan penurunan berat badan dapat menjadi cara yang efektif untuk mengelola berat badan. Satu penelitian menemukan bahwa dengan mencatat aktivitas fisik yang konsisten membantu penurunan berat badan. Sementara itu, sebuah penelitian lain menemukan korelasi positif antara penurunan berat badan dan frekuensi pemantauan asupan makanan dan olahraga.

3. Makan dengan Bijak

Makan dengan bijak adalah praktik memperhatikan bagaimana dan di mana kita makan makanan. Praktik ini dapat memungkinkan orang untuk menikmati makanan yang mereka makan dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Tidak makan sambil melakukan pekerjaan, nonton tv atau bermain ponsel menjadi salah satu contohnya. Cara untuk bisa makan dengan bijak ini bisa dilakukan dengan duduk di meja makan yang nyaman, tidak melakukan pekerjaan lain, makan dengan perlahan dan selalu memilih makanan dengan pertimbangan nutrisi dan kalori.

Baca Juga: 10 Makanan yang Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Drastis

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com