Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Berhenti Makan, Simak Yuk!

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 31 Des 2020 07:00 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Berhenti Makan, Simak Yuk! Foto: Getty Images/Moyo Studio

Makan Dengan Bijak

Mindfulness adalah istilah umum untuk mendeskripsikan keadaan penuh kesadaran dan perhatian. Makan dengan bijak atau mindful eating membawa konsep ini ke makanan dengan membantu menyadari sensasi tubuh dan pikiran seputar makanan. Baik sebelum memutuskan untuk makan ataupun saat makan.

Saat makan dengan sadar, kamu akan berpikir sebelum makan. Apakah rasa lapar ini sungguhan atau tidak. Selanjutnya saat makan, kamu akan menikmati makanan tersebut hingga tubuh merasa kenyang. Ini merupakan cara menurunkan berat badan yang lebih sehat dibanding membatasi secara ketat kalori harian.

Menurut ahli dari The Center for Mindful Eating, makan dengan bijak menitikberatkan pada mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tubuh dan merasakan makanan tanpa peduli tentang pembatasan atau membatasi diri. Orang yang makan dengan bijak cenderung makan lebih sedikit dan memilih makanan yang lebih sehat dan merasa lebih menghargai makanan mereka.

Mulai Makan dengan Bijak

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Berhenti Makan, Simak Yuk!Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Berhenti Makan, Simak Yuk! Foto: Getty Images/Moyo Studio

"Saya menyarankan para pasien untuk berhenti sejenak sebelum mengambil camilan dan bertanya pada dirinya mengapa mereka makan. Jika jawabannya emosional, mereka harus melepas makanannya. Jika mereka masih merasa lapar hingga 20 menit kemudian, tubuh mereka benar-benar butuh makan dan harus memilih makanan yang lebih sehat," kata Dr. Harper.

Beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan pada tubuh sebelum makan antara lain:

Kapan terakhir kali makan? Apakah kamu menghabiskan makanan yang terakhir?
Apakah perut kosong atau penuh? Perasaan lapar datang dari perut atau otak?
Apakah sedang merasakan perasaan yang tidak nyaman atau emosi sedang stabil?

Lalu untuk memulai makan dengan bijak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Makanlah dalam kondisi fokus. Jauhkan segala pekerjaan, ponsel, atau kegiatan lain seperti menonton TV. Usahakan hanya fokus pada makan.

2. Perlambat kecepatan. Saat mengunyah makanan, usahakan letakkan sendok dan garpu agar bisa menikmati kunyahan lebih lama.

3. Rasakan sensasi makanan. Gunakan seluruh bagian pada lidah untuk merasakan semua sensasi yang datang dari makanan.

4. Periksa tubuh. Pastikan tubuh masih benar-benar lapar untuk melanjutkan menghabiskan makan.

5. Penuh syukur. Disela waktu makan, coba untuk apresiasi makanan yang kamu makan. Ini akan membangun hubungan yang lebih sehat dengan makanan. Itu tadi cara menurunkan berat badan tanpa membuat kamu harus berhenti makan.

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cepat dan Ampuh!

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com