Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Berhenti Makan, Simak Yuk!

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 31 Des 2020 07:00 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Berhenti Makan, Simak Yuk! Foto: Getty Images/Moyo Studio
Jakarta -

Cara menurunkan berat badan ini cocok untuk para foodies. Sebab kamu tak harus berhenti makan untuk mengurangi bobot tubuh.

Mengendalikan nafsu makan bukanlah hal mudah, apalagi untuk kamu yang memang doyan makan. Padahal untuk menurunkan berat badan kuncinya ada pada kemampuan mengendalikan nafsu makan.

Beberapa orang bahkan harus berjuang untuk berhenti makan selama berjam-jam untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan yang ideal. Nyatanya ada beberapa fakta menarik di balik nafsu makan dan menurunkan berat badan.

Pada banyak kasus, nafsu makan yang timbul saat tengah diet tergolong rasa lapar emosional. Artinya rasa lapar itu bukanlah lapar sebenarnya dimana tubuh membutuhkan asupan nutrisi, tapi lebih kepada nafsu makan akibat perasaan atau emosional.

Mengutip dari Livestrong (1/8), ada cara menurunkan berat badan tanpa harus berhenti makan. Kamu bisa tetap makan dengan normal dan berhasil mengurangi berat badan.

Lapar Fisik dan Emosional

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Berhenti Makan, Simak Yuk!Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Berhenti Makan, Simak Yuk! Foto: Getty Images/Moyo Studio

Lapar fisik ditandai dari kondisi perut yang terasa kosong. Lapar fisik juga membuat suara perut atau gerak perut yang menandakan perut kosong dan butuh makanan.

"Ini disebabkan oleh jalur hormonal yang kompleks antara otak dan saluran pencernaan Anda," kata Jamie Harper, seorang pakar obesitas di Indianapolis.

Sedangkan, lapar secara emosional lebih sering datang tiba-tiba. Jenis rasa lapar ini dapat dipengaruhi oleh perasaan yang tidak nyaman seperti stress, kebosanan, kecemasan atau kesepian.

"Tubuh Anda sebenarnya tidak lapar. Tubuh mencari sumber dopamin untuk memberikan rasa nyaman yang bisa didapatkan dari beberapa makanan," kata Dr. Harper.

'Berbicara' dengan Tubuh

Para ahli mengatakan banyak orang kurang bisa mengenali sinyal lapar yang sebenarnya. Hal ini akhirnya membuat tubuh menginginkan camilan lebih banyak dan lebih sering. Pada kondisi ini akan sulit untuk mengetahui mana lapar emosional dan mana lapar fisik.

"Hormon-hormon yang dilepaskan otak untuk membantu pencernaan juga memberikan perasaan relaksasi. Semakin banyak makan karena pengaruh emosional maka akan semakin sering merasa lapar juga," kata ahli gizi Hanna Koschak.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan, Ikuti 5 Tips Ngemil Sehat Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com