7 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Lewat Pola Makan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 30 Des 2020 05:00 WIB
7 Kesalahan Minum Kopi yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Susah Turun Foto: iStock

5. Konsumsi Dark Chocolate

dark chocolatedark chocolate Foto: Penny Fatikasari

Saat makan dark chocolate dalam jumlah cukup akan memberikan manfaat sehat untuk jantung. Dark chocolate dan bubuk kakao kaya akan flavonoid, yang merupakan senyawa nabati yang menyebabkan pembuluh darah melebar.

Ulasan terhadap beberapa penelitian menunjukkan konsumsi cocoa tinggi flavonoid mampu meningkatkan kesehatan jantung dalam jangka pendek, termasuk menurunkan tekanan darah. Pastikan mengonsumsi dark chocolate atau bubuk cocoa yang tidak mengandung gula tambahan.

6. Kurangi Gula dan Karbohidrat Olahan

Dalam Framingham Women's Health Study, wanita yang minum bahkan satu soda per hari memiliki tingkat risiko kenaikan tekanan darah yang lebih tinggi daripada mereka yang minum kurang dari satu soda per hari. Penelitian lain menemukan bahwa mengonsumsi kurang dari satu minuman dengan pemanis gula per hari terkait dengan tekanan darah yang lebih rendah.

Dan itu bukan hanya gula, semua karbohidrat olahan, seperti jenis yang ditemukan dalam tepung putih dikonversikan dengan cepat ke dalam aliran darah. Sehingga bisa menyebabkan tekanan darah melonjak.

Beberapa penelitian juga membuktikan diet rendah karbohidrat bisa bantu mengurangi tekanna darah.

7. Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Berbagai kandungan nutrisi mineral dalam oatmeal, seperti magnesium, seng tiamina, selenium dan zat besi, dikenal baik untuk tubuh.Berbagai kandungan nutrisi mineral dalam oatmeal, seperti magnesium, seng tiamina, selenium dan zat besi, dikenal baik untuk tubuh. Foto: Intan Dwi

Magnesium adalah mineral penting yang bantu pembuluh darah rileks. Banyak orang sehari-hari kurang mendapat asupan magnesium.

Beberapa penelitian menunjukkan kurang asupan magnesium berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Karenanya disarankan mencukupi kebutuhan asupan harian mineral ini.

Untuk sebagian besar orang dewasa, rekomendasi asupan magnesium adalah 1.000 miligram per hari. Untuk wanita di atas 50 dan pria di atas 70, itu 1.200 mg per hari. Selain susu, sumber magnesium juga bisa didapat melalui konsumsi sayuran hijau berdaun, kacang, sarden, dan tahu.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Darah Rendah dan Cara Menaikkan Tekanan Darah

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com