10 Rempah dan Herba yang Berkhasiat Turunkan Berat Badan

Tim Detikfood - detikFood Senin, 28 Des 2020 06:30 WIB
rempah dan bumbu Foto: iStock
Jakarta -

Bumbu dapur tak hanya memperlezat makanan tetapi juga berkhasiat membantu turunkan berat badan. Berikut daftar rempah dan herbanya.

Sejumlah rempah-rempah dan tanaman herbal telah terbukti ampuh dalam melawan keinginan tubuh untuk makan, menekan rasa lapar, dan meningkatkan pembakaran lemak, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada program diet.

Berikut adalah 10 rempah-rempah dan tanaman herbal yang dapat membantu proses penurunan berat badan, mengutip berbagai sumber.

1. Cabai rawit

Cabai rawit populer digunakan untuk memberikan rasa pedas ke banyak hidangan. Kandungan capsaicin yang ada di dalamnya ditemukan dapat membantu penurunan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan, capsaicin dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sepanjang hari.

Capsaicin juga dapat mengurangi rasa lapar. Mengutip Healthline, studi kecil menemukan, konsumsi kapsul capsaicin dapat meningkatkan rasa lapar dan menurunkan asupan kalori total.

2. Jahe

Sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, jahe juga ditemukan dapat membantu menurunkan berat badan.


Beberapa ulasan dari sejumlah studi menemukan, jahe dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, sekaligus mengurangi penyerapan lemak serta nafsu makan.

Dry oregano in wooden tea spoon; close up; selective focus;10 Rempah dan Herba yang Berkhasiat Turunkan Berat Badan Foto: Istock

3. Oregano

Oregano mengandung carvacrol, senyawa kuat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi pada tikus menemukan, asupan cavacrol membuat lemak tubuh jadi jauh lebih sedikit daripada tikus kelompok kontrol.

Suplemen carvacrol juga ditemukan berdampak langsung pada beberapa gen dan protein spesifik yang mengontrol sintesis lemak dalam tubuh.

4. Ginseng

Ginseng menjadi salah satu bahan obat tradisional utama di China. Banyak penelitian menemukan, tanaman satu ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian kecil menemukan, konsumsi ginseng Korea dua kali sehari selama delapan pekan berhasil menurunkan berat badan dan mengubah komposisi mikrobiota di usus.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa ginseng mampu memerangi obesitas dengan mengubah pembentukan lemak dan menunda penyerapan lemak usus.

5. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit kerap dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kurkumin, senyawa aktif yang ada di dalam kunyit, memberikan efek untuk segala hal, mulai dari melawan peradangan hingga menurunkan berat badan.

Sebuah studi pada orang dengan kelebihan berat badan memperlihatkan, konsumsi kurkumin dua kali sehari selama satu bulan efektif dalam membuang banyak lemak, mengurangi lemak perut, dan menurunkan berat badan hingga 5 persen.

Daftar rempah dan herba lainnya BACA DI SINI !



Simak Video "Rempah-rempah Ternyata Bisa Jadi Aksesori Keren"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com