Huaah! Pedas Cabe Berkhasiat Gempur Sel Kanker

Sonia Permata - detikFood Kamis, 05 Jan 2017 14:54 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Selain pedas dan merangsang selera makan, cabe juga punya khasiat. Riset menyebut cabe bisa hambat pertumbuhan sel kanker.

Kanker dikenal sebagai penyakit yang serius dan mematikan. Berbagai obat dan penelitian telah dikembangkan untuk membasmi sel kanker. Kini cabe disebut-sebut dapat melawan kanker, khususnya kanker payudara.

Dilansir dari mirror.co.uk (02/01/17), para ilmuwan mengungkapkan bahwa konsumsi cabe dapat membantu melawan kanker payudara. Bahan pedas yang terdapat dalam cabai, menyebabkan sel-sel penyakit tidak dapat tumbuh lama.

Capsaicin atau kapsaisin merupakan zat kimia yang menimbulan rasa pedas alami. Biasanya ditemukan dalam tumbuh-tumbuhan seperti cabai. Capsaicin merupakan komponen aktif yang berguna membasmi sel-sel kanker payudara dalam tubuh. Termasuk jenis kanker lainnya, seperti kanker usus, tulang, dan pankreas.

Huaah! Pedas Cabe Berkhasiat Gempur Sel KankerFoto: Getty Images

Namun, capsaicin tidak efektif jika dimakan, dihirup, atau disuntikan secara langsung. Capsaicin sendiri baru berkerja ketika digabungkan dengan obat-obatan lain yang khusus untuk membasmi sel kanker.

Para ilmuwan dari Ruhr University di Bochum, Jerman, melakukan penelitian dengan sampel manusia yang terkena kanker payudara. Mereka melihat hubungan antara efek panas yang ditimbulkan capsaicin dalam tubuh dan kemampuannya untuk menghancurkan pertumbuhan sel kanker.

Dokter Lea Weber mengungkapkan dalam jurnal Breast Cancer -Targets and Therapy, bahwa capsaicin mampu meminduksi apotosis atau kematian sel. Juga menghambat pertumbuhan sel kanker pada berbagai jenis kanker. Seperti kanker osteosarocma, usus besar, dan kanker pankreas. Sedangkan sel-sel normal tidak rusak.

Ketika capsaicin mencapai sel kanker, bahan pedas yang terdapat di dalamnya cenderung menempel ke tepi sel yang dikenal sebagai membran sel pada reseptor sel yang sering disebut sebagai TRPV1.

Huaah! Pedas Cabe Berkhasiat Gempur Sel KankerFoto: Getty Images

TRPVI merupakan reseptor yang mengontrol zat seperti kalsium, natrium, yang berada di sel kanker. Ketika zat capsaicin mulai berkerja, ini menyebabkan sel kanker merusak diri mereka sendiri sehingga banyak sel-sel kanker yang mati, dan pertumbuhan tumor dapat dihentikan.

Temuan ini sesuai dengan hasil penelitian dari ilmuwan lain, yang menunjukkan penurunan yang cukup signifikan dalam tingkat pertumbuhan sel MCF-7, yaitu sel kanker payudara pada stimulasi capsaicin.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari berbagai instansi di Jerman.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com