5 Manfaat Beras Ketan Hitam yang Jarang Diketahui

Tim detikcom - detikFood Jumat, 25 Des 2020 05:00 WIB
Beras Ketan Hitam Foto: Dok Kementan/5 Manfaat Beras Ketan Hitam yang Jarang Diketahui
Jakarta -

Beras ketan hitam berbutir pendek dan lengket jika sudah matang. Namanya beras ketan hitam namun warnanya ungu tua.

Dilansir sfgate, menurut American Chemical Society, beras ketan hitam lebih sehat dan nutrisinya lebih banyak daripada beras merah.

Beras ketan hitam juga bermanfaat membantu memperlambat pencernaan dan menurunkan kadar insulin.


Berikut manfaat Beras Ketan Hitam dikutip dari sumber yang sama:


1. Mengandung Serat

Manfaat beras ketan hitam yakni mengandung serat. Berbeda dengan nasi putih, beras ketan hitam tidak diproses, yang berarti bagian luar nasi tetap utuh dan dimakan.

Bagian luar nasi mengandung serat makanan yang tidak larut, yang membantu makanan melewati sistem pencernaan Anda lebih cepat.

Sebagai serat makanan, serat tidak larut dan hal ini membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Hal ini akan mengurangi kemungkinan Anda makan berlebihan.

2. Mengandung Vitamin dan Mineral

Sepertiga cangkir beras ketan hitam kering mengandung 120 persen nilai harian mangan Anda, 20 persen dari masing-masing fosfor dan magnesium, dan 8 persen dari nilai harian selenium.

Mangan dianggap sebagai mineral penting, karena dibutuhkan agar tubuh Anda berfungsi dengan baik. Seperti membantu tubuh Anda memproses kolesterol, protein, dan karbohidrat.

Mungkin juga efektif dalam memerangi osteoporosis bila dikonsumsi dengan kalsium, seng, dan tembaga.

Fosfor membantu tubuh Anda membangun tulang dan gigi, dan seperti mangan, fosfor juga membantu tubuh Anda memproses karbohidrat dan lemak.

Magnesium, seperti fosfor dan mangan, sangat penting untuk berbagai proses dalam tubuh Anda. Menurut MedlinePlus, magnesium dibutuhkan pada lebih dari 300 reaksi kimia yang menjaga tubuh Anda dalam kondisi kerja prima.

3. Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah zat alami atau sintetis yang melindungi atau mengurangi kemungkinan kerusakan sel akibat racun lingkungan dan radikal bebas.

Beras ketan hitam kaya akan antioksidan antosianin, yang dapat membantu melawan kanker dan penyakit jantung.


4. Diet

Karena mengandung serat, beras ketan hitam juga cocok untuk diet. Beras ketan hitam dapat dikonsumsi untuk bubur ketan hitam namun jangan memakai gula terlalu banyak.


5. Mengandung Zat Besi

Manfaat beras ketan hitam berikutnya yakni mengandung zat besi. Zat besi dianggap sebagai mineral penting karena tubuh Anda membutuhkannya untuk membuat sel darah.

Zat besi digunakan untuk membuat sejumlah protein, termasuk hemoglobin dan mioglobin, yang membawa oksigen melalui aliran darah Anda.

Zat besi disimpan di sumsum tulang, hati, otot, dan limpa.

Wanita di atas usia 50 tahun dan pria dewasa membutuhkan 8 miligram zat besi per hari.

Sedangkan wanita berusia 50 tahun ke bawah membutuhkan 18 miligram setiap hari.

Seperempat cangkir porsi beras ketan hitam memiliki empat persen dari nilai harian zat besi Anda.


Resep Bubur Ketan Hitam

Siapkan 125 gr beras ketan hitam, 1.000 ml air, 1 lembar daun pandan, 175 gula pasir, dan sedikit garam. Rendam ketan hitam semalam sebelumnya agar cepat empuk ketika direbus.

Rebus beras ketan hitam, air, daun pandan, dan garam hingga ketan hitam setengah matang dan kental. Setelah itu tambahkan gula pasir dan aduk perlahan hingga kental dan matang.

Kemudian rebus santan, daun pandan, dan garam, kemudian aduk hingga mendidih. Siapkan 400 santan kental dari 1 butir kelapa dan 1 lembar daun pandan serta sedikit garam.

Sajikan bubur ketan hitam dalam mangkuk-mangkuk dan siram dengan kuah santan. Sajian bubur ini dapat nikmati selagi hangat atau disimpan di kulkas jika ingin disajikan dingin.

(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com