3 Minuman Tradisional Hasil Fermentasi Ini Kaya Khasiat Sehat

Riska Fitria - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 16:00 WIB
Manfaat minuman fermentasi Manfaat minuman fermentasi Foto: iStock
Jakarta -

Minuman fermentasi tradisional sudah ratusan tahun dikonsumsi. Selain enak, minuman ini ternyata kaya nutrisi yang menyehatkan.

Proses fermentasi pada makanan dikenal sebagai cara untuk mengawetkan makanan. Proses fermentasi ini ternyata juga memberikan pertumbuhan bakteri baik pada usus.

Di Indonesia ada banyak olahan yang terbuat dari hasil fermentasi. Selama ini kita mengenal bahwa makanan saja yang dapat difermentasi. Namun, ada juga minuman yang dihasilkan dari proses fermentasi.

Minuman fermentasi tersebut merupakan minuman tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Meski tidak begitu populer seperti makanan tradisional lainnya, tetapi minuman fermentasi tersebut masih ada dan dinikmati hingga sekarang.

Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki olahan minuman fermentasi unik. Yang populer adalah minuman fermentasi yang berasal dari Jawa dan Bali. Seperti legen dari daerah Jawa dan brem dari pulau dewata.

Minuman fermentasi itu tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Sebab di dalamnya terdapat berbagai kandungan nutrisi penting.

Berikut 3 minuman fermentasi tersebut.

1. Air Tape Ketan

Manfaat minuman fermentasiManfaat minuman fermentasi Foto: iStock


Air tape ketan dihasilkan dari fermentasi beras ketan yaitu ketika beras ketan hitam dan ketan merah difermentasi seperti pada proses pembuatan tape uli. Proses fermentasi itu dilakukan selama dua hari lamanya. Setelah itu, tape ketan itu akan menghasilkan cairan.

Nah, cairan itu yang kemudian disaring untuk dimanfaatkan. Biasanya air tape sering dimanfaatkan sebagai campuran bumbu masakan agar rasanya semakin lezat. Air tape ketan mengandung nutrisi seperti energi, kalori, protein, serat, asam folat, vitamin E, zat besi dan lainnya.

Khasiat air tape ketan antara lain menurunkan kolesterol dalam tubuh, mengobati penyakit anemia, mencegah kanker, melancarkan sistem pencernaan, hingga mengobati penyakit ambeien.

Baca Juga : Penuh Senyum, Kakek 80 Tahun Ini Semangat Jualan Tape Ketan

Selanjutnya
Halaman
1 2